DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Kelinci Bligon

4 min read

Kelinci Bligon – berbicara mengenai kelinci memang sangat banyak jenis nya. Salah satu yang musti kamu ketahui adalah jenis bligon. Kelinci sendiri merupakan hewan ternak yang banyak digemari oleh para kalangan peternak atau pembudidaya.

Disamping parasnya yang lucu kelinci juga bisa membawa pundi – pundi uang untuk yang memeliharanya dengan dijadikan bisnis.

Untuk kelinci pedaging, biasanya mempunyai bentuk tubuh yang gemoy atau besar dengan bobog yang juga berat. Salah satunya adalah bligon. Namun bagaimana sih ciri, harga, makanan dan cara berternaknya ? simak pembahasan dibawah ini.

Ciri – Ciri Kelinci Bligon

Secara garis besarnya, kelinci jenis bligon ini jika belum sampai umur 5 bulan keatas masih mirip dengan kelinci australia, namun persamaan tersebut akan hilang saat umur dari kelinci jenis ini lebih dari 5 bulan.

Perbedaan atau ciri khas dari jenis ini adalah :

  • Wajah lonjong.
  • Kuping besar
  • Badan panjang
  • Perut buncit
  • Mempunyai kaki kadang ada yang panjang dan kadang ada yang pendek.
  • Mempunyai corak yang cenderung tidak jelas.

Cara Beternak Kelinci Bligon

Cara Beternak Kelinci Bligon

Setiap jenis kelinci memang mempunyai cara berternak yang berbeda – beda. Yah walaupun masih cenderung banyak kesamaan sih. Tidak terkecuali dengan kelinci bligon.

Untuk cara berternak kelinci ini bisa dibilang mudah karena jenis kelinci ini sama dengan kelnci pedaging atau kelinci pada umumnya. Sehingga tidak ada cara yang berbeda untuk mengurusnya.

1. Kandang Kelinci Bligon

Yang terpenting dalam pemeliharaan atau cara berternak tetap kepada ukuran kandang kelinci bligon. Jangan sampai terlalu kecil sampai – sampai susah untuk bergerak. Karena, kelinci ini cenderung mempunyai ukuran badan yang besar.

Selain itu suhu pada kandang juga tetap harus diperhatikan, pastikan agar kandang mempunyai suhu kisaran 21 derajat. Berikan lampu sebagai penerangan yang juga berfungsi sebagai pelindung dari serangan predator.

2. Pisahkan Kandang

Pemisahan kandang antara indukan dengan anak –  anak. Kandang juga untuk kandang pejantan lebih di buat besar, karena biasanya digunakan untuk perkawinan.

Pemilihan kandang juga harus tepat, seperti yang sudah dijelaskan diatas jangan sampai kelinci jenis ini mempunyai kandang yang press body, karena kasihan dan akan mudah stres.

3. Memilih Indukan Terbaik

Pemilihan indukan akan berdampak kepada hasil ketika bertumbuh besar. Semakin baik indukanya maka anak – anakanya juga semakin berkualitas. Tentu terdapat spesifikasi yang bisa kamu lakukan untuk menentukan indukan yang terbaik yaitu :

  • Kelinci betina mempunyai bobot kisaran 4 sampai 5 kg dengan tidak mempunyai punggung yang cekung.
  • Kelinci jantan mempunyai berat badan berkisar 3 – 5 kg yang juga tidak mempunyai punggung cekung.

4. Memperhatikan Kebersihan Kandang

Hal yang paling tidak boleh ditinggalkan salah satunya adalah tentang kebersihan dari kandang. Karena kebersihan juga akan menentukan kualitas dari kelinci bligon yang dirawat.

Biasanya jika kandang jarang dibersihkan atau bahkan tidak pernah dibersihkan, selain mengganggu kenyamanan kelinci sehingga membuat gampang stress juga akan mengganggu kesehatanya. Tentu sangat berbahaya untuk kelangsungan hidupnya.

5. Melakukan Perkawinan

Selanjutnya adalah perkawinan dari kelinci jantan atau betina. Untuk proses perkawinan kamu bisa lakukan cross breeding atau kawin silang.  Namun tidak selalu dengan perkawinan silang. Sesuai dengan kebutuhan jika ingin mempertahankan sifat – sifat asli bliigon maka bisa lakukan perkawinan sejenis.

Namu perlu diperhatikan, untuk perkawinan kamu harus lihat umurnya terlebih dahulu, karena umur yang paling baik untuk dilakukan perkawinan adalah umur 5 bulan keatas baik jantan maupun betina.

Jangan coba – coba untuk mengawinkan saat masih umur muda, karena akan mengganggu kesehatan pada kelinci betina.

Jenis Kelinci Bligon

Jenis Kelinci Bligon

Bligon sendiri merupakan kelinci hasil perkawinan silang antara kelinci australia dan indonesia. Jenis kelinci ini termasuk kedalam kelinci pedaging dengan berat bisa mencapai bobot 5 kg.

Sesuai dengan janisnya yaitu kelinci pedaging, kelinci ini benar mempunyai daging yang banyak sehingga sangat pas untuk dikonsumsi, baik untuk pengobatan atau lain sebagainya.

Selain itu cara pemeliharaan seperti yang sudah dijelaskan diatas tidak begitu sulit karena hampir sama dengan perawatan kelinci lainya. Untuk itu banyak dari peternak yang suka untuk memelihara kelinci jenis ini.

Makanan kelinci juga mempunyai permintaan yang cukup tinggi dipasara, tentunya sangat bisa dioptimalkan sehingga menghasilkan pundi – pundi rupiah dan nilai jual yang tinggi.

Makanan Kelinci Bligon

Makanan Kelinci Bligon

Makanan pada jenis kelinci ini tidak begitu sulit dicari, karena hampir sama dengan kelinci – kelinci pada umumnya. Kamu bisa memberikan rumput, sayuran dan pelet yang berfungsi sebagai penyeimbang dari nutrisi pada tubuh bligon.

Namun jika kamu mempunyai anggaran yang banyak bisa saja kamu tambahkan dengan viterna, Poc Nasa dan Hormonik yang tentunya akan membantu pertumbuhan dari kelinci.

Untuk makanan pastikan tetap teratur, mulai dari komposisi jenis makananya dan juga jadwal pemberianya. Jangan hanya memberikan makanan pelet saja, kamu tetap harus bisa kombinasikan dengan makanan lain yang mampu mensupport nutrisi pada kelinci.

Jadwal pemberian makan juga diperhatikan, pastikan memberikan makan pada waktu pagi, siang dan malam hari. Berikan wadah pakan didalam kandang agar makanan dari kelinci tetap rapi dan tidak amburadul.

Pemberian makan pada kelinci bligon yang sedang hamil juga perlu diperhatikan, kamu perlu memperhatikannya secara khusus agar anakan dalam perut dan juga kesehatan indukan tetap terjaga.

Berikan makanan yang mengandung nutrisi, karena kelinci yang sedang hamil akan sangat membutuhkan asupan untuk dirinya dan juga buah hatinya.

Harga Kelinci Bligon

Ada harga ada barang, slogan itu pasti akan melekat pada barang dagangan apapun. Tidak terkecuali kelinci jenis ini. Harga dari kelinci ini rata – rata 100.000 sampai 300.000 tergantung kualitas dan berat badan.

Jika kamu bertanya dimana tempat membelinya ?, jawabanya adalah cari tempat yang terpercaya, atau kamu bisa langsung pergi ke peternak agar tahu barang dan bisa tanya – tanya soal bagaimana perawatanya.

Untuk penjual di Indonesia sendiri tentu banyak, tinggal kamu searching di browser dan cari tempat terdekat dari daerah kamu.

Kemudahan dalam perawatan dan reproduksi tinggi sehingga mampu melahirkan 5 sampai 10 anak sekali melahirkan membuat kamu bisa menjadi peternak kelinci jenis ini yang sukses.

Perbedaan Kelinci Bligon Dengan Rex, Lokal dan Nz

Perbedaan Kelinci Bligon Dengan Rex, Lokal dan Nz

Dari beberapa kelinci diatas dan sesuai dengan yang sudah dibahas diatas bahwa kelinci jenis bligon tidak jauh berbeda dengan lainya. Tidak terkecuali dengan rex, lokal dan Nz.

Hanya saja yang membedakan adalah bentuk tubuh dari bligon itu sendiri yang mana wajahnya lebih bulat dengan kuping yang panjang dan besar. Selain itu warnanya yang abstrak atau cenderung tidak jelas.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Keunggulan Budidaya Kelinci Bligon

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa kelinci jenis ini termasuk kedalam kelinci pedaging. Maka wajar jika jenis ini mempunyai daging yang banyak dengan manfaat yang sangat banyak.

Daging dari kelinci ini menurut beberapa orang mempunyai gizi yang sangat baik dibandingkan dengan daging lainya. Selain itu daging kelinci ini bisa mengurangi kolesterol sehingga sangat cocok untuk yang punya kolesterol.

Biasanya umur yang sudah tua harus berhati – hati dalam memakan makanan, namun tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan deging bligon tidak akan berpengaruh karena cenderung tidak berbahaya.

Selain itu, kadar lemak yang ada didalam dagingnya juga rendah, dan mempunyai banyak natrium yang cocok untuk orang yang sedang diet. Biasanya orang diet tidak disarankan untuk makan daging, namun dengan deging kelinici ini pola diet kamu tetap akan berjalan dengan baik.

Terimakasih kami sampaikan, dan berakhir sudah pembahasan mengenai kelinci bligon lengkap dengan keunggulan, pakan, ciri, jenis, ukuran kandang dan lain sebagainya.

Tentunya peluang untuk usaha kelinci bligon masih sangat luas, disamping masih jarangnya orang yang bermain, permintaan pasar juga sangat tinggi dan tentunya sangat menguntungkan.

Kamu juga bisa mengolahnya terlebih dahulu jika ingin menjual dagingya, bisa dijadikan kerupuk atau olahan daging lainya. Dengan banyak manfaat yang bisa diambil. Mudah – mudahan bermanfaat.

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina –  kecintaan orang terhadap kelinci semakin banyak. Yah jelas karena memang hewan ternak yang imut...
DiyaLaila
2 min read

Penyakit Kelinci

Penyakit Kelinci – mempunyai hewan ternak yang imut dan menggemaskan tentunya akan menyenangkan, setiap harinya bisa bermain bersama dan menjadi teman...
DiyaLaila
4 min read

Vitamin Kelinci

Vitamin Kelinci – halo sahabat slavbis, bagaimana kabarnya, semoga setiap harinya semakin baik yah. Melanjutkan pembahasan mengenai kelinci memang tidak ada...
DiyaLaila
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *