DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Ternak Kelinci Hias

3 min read

Kelinci Hias – Mengenal tentang jenis kelinci yang bisa diubudidayakan memang sangat banyak. Kecenduran seseorang menyukai kelinci juga berbeda – beda, ada yang hanya digunakan untuk kesenangan semata dan ada pula yang dijadikan ladang bisnis.

Kelinci sendiri mempunyai berbagai macam jenis, salah satunya adalah kelinci hias yang terkenal imut dan menggemaskan.

Untuk itu, kali ini slaverys akan membahas mengenai jenis kelinci hias mulai dari jenis, harga, cara merawat, karaktersitik dan lain sebagainya. Simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Jenis Kelinci Hias

Dari Ternak Kelinci Hias jenis ini mempunyai banyak jenisnya, tidak lengkap rasanya jika slaverys tidak memberikan jenis dari kelinci ini. Apa saja sih jenisnya ? berikut ulasanya :

1. Kelinci German Anggora

Kelinci German Anggora

Kelinci satu ini merupakan hewan yang mempunyai bulut lebat, imut dan menggemaskan. Bulu yang dimiliki mirip seperti bulu wol.

Perbedaan dengan kelinci lainya terletak pada bagian kepala sampai leher yang mempunyai warna hitam dengan bulu polos berwarna putih.

Ukurannya cukup besar dan sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan.

2. Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci Netherland Dwarf

Sesuai dengan namanya kelinci hias ini berasal dari belanda. Karakteristik kelinci ini mempunyai badan yang kecil dan dinobatkan sebagai kelinci terkecil didunia.

Bobot dari kelinci ini hanya 1 – 1,5 Kg rata – rata, namun untuk kamu yang ingin memelihara jenis ini jangan sering – sering diangkat karena lebih agresif.

3. Kelinci Dwarf Hotot

Kelinci Dwarf Hotot

Berbeda dengan kelinci netherlan diatas, jenis ini mempunyai ukuran badan normal.

Jangan heran karena banyak dari peternak yang sering menyilangkan kelinci ini dengan berbagai jenis lainya terutama di negara Jerman.

4. Kelinci Havana

Kelinci Havana

Kalau dilihat dari namanya pasti kemu mengira kalau kelinci ini berasal dari kuba, salah. Karena kelinci ini berasal dari Belanda.

Kok bisa diberi nama Havana ? yah karena mempunyai warna tubuh seperti cerutu khas kuba yaitu kecoklatan makanya diberi nama itu.

Kelinci ini sangat cocok untuk dipelihara oleh anak – anak karena karakter yang santai dan tenang.

5. Kelinci  Giant Anggora

Kelinci  Giant Anggora

Kelinci hias anggora mempunyai badan yang besar dengan bulu lebat yang menyelimuti seluruh tubuhnya sampai – sampai matanya tidak kelihatan jelas.

Kelinci ini merupakan persilangan dari kelinci Flemish Giant, German Anggora dan French Lops.

Namun jika kamu memelihara jenis kelinci ini harus berhati – hati terutama dengan parawatan bulunya agar tetap terlihat bersih dan tidak mudah rontok.

Harga Kelinci Hias

Harga Kelinci Hias

Jika kamu ingin membeli kelinci ini tidak usah susah – susah karena sudah banyak yang menjual.

Carilah ditempat tinggal kamu, namun sebelum membeli pastikan bahwa kondisi dari kelinci dalam keadaan baik.

Untuk harganya bermacam – macam jika Netherland Drawf biasanya mempunyai harga mencapai 250.000 an.

Untuk jenis yang lain tidak jauh dari harga tersebut.

Cara Merawat Kelinci Hias

 

Cara Merawat Kelinci HiasMemelihara kelinci ini tidak jauh dari kelinci pedaging. Apa dan bagaimana sih caranya ? simak dibawah ini.

  • Gunakan Kandang yang Tepat dan Menjaga Kebersihanya

Hal pertama yang harus diperhatikan karena merupakan pokok dari cara merawat adalah Karakteristik dari Kandang Untuk Kelinci Hias.

Gunakan kandang yang sesuai dengan ukuran dan berat dari kelinci, untuk standar yang bisa digunakan adalah ukuran 1,2 x 0,6 x 06 meter.

Selain itu kebersihan dari kandang juga harus diperhatikan, jangan sampai kondisi kelinci kotor karena kandang tidak pernah di bersihkan.

Mengingat kelinci hias mempunyai bentuk yang indah, imut dan menggemaskan.

Selain itu pastikan dalam kandang terdapat tempat makan dan minum yang tentunya mempunyai kondisi bersih. Tempatkan kandang kelinci di tempat yang bersih dan jauh dari jangkauan hewan buas yang bisa mengancam keselamatanya.

Gunakan jerami sebagai alas untuk tidur.

  • Memberikan Makanan Yang Bergizi

Selanjutnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah masalah gizi dari kelinci. Berikan makanan yang mempunyai kandungan gizi baik agar petembuhan dan daya tahan dari kelinci tetap terjaga.

Ada banyak jenis makanan kelinci yang bisa kamu berikan seperti rumput hay, biji – bijian, umbi – umbian dan buah – buahan.

Sesekali kamu bisa kasih pelet, namun jangan keseringan karena tidak baik untuk kesehatan dari kelinci.

  • Jaga Kebersihan Kelinci

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa kelinci hias mempunyai bulu yang menggemaskan dan imut. Oleh karena itu kebersihan dari kelinci harus tetap terjaga.

Ketika memandikan kelinci ini pastikan agar menggunakan sikat, namun bersihkan secara halus agar bulunya tidak rontok.

Kuku dari kelinci juga harus diperhatikan, potong setiap 2 – 3 bulan agar tidak ada penyakit yang mengincar.

  • Ajak Kelinci Bermain

Layaknya manusia, kelinci juga akan merasa bosan jika berada dalam kandang terus menerus. Maka dari itu kamu harus peka dan ajak kelinci peliharaanmu bermain.

Kamu bisa ajak kelinci bermain di halaman rumah kamu, dan biarkan kelinci bermain 6 – 8 jam agar tidak stres.

Namun perhatikan sekeliling, pastikan tidak ada hewan buas yang mengincar.

  • Periksa Rutin ke Dokter

Pada dasarnya kelinci adalah hewan pemangsa yang bisa menyembunyikan penyakitnya. Kepekaan dari pemeliaharanya harus ada agar kesehatan dari kelinci tetap terjaga.

Periksalah rutin kelinci kamu ke dokter hewan yang kamu percaya untuk memastikan bahwa kelinci dalam keadaan sehat.

Kondisi Ideal Untuk Kelinci Hias

Kondisi Ideal Untuk Kelinci Hias

Kondisi ideal untuk kelinci jenis ini adalah ketika kesehatan dari kelinci terjaga, bisa diajak untuk bermain dan tidak dalam keadaan stress.

Selain itu kebersihan kelinci dan juga kandang tetap terkontrol dan terjaga. Karena yang menjadi hal terpenting adalah kebersihan dan kesehatan dari kelinci.

Banyak yang hanya tiru – tiru memelihara namun tidak tahu ilmu cara memeliharanya. Tentu itu akan membahayakan kesehatan dari kelinci tersebut.

Untuk itu jika kamu ingin memelihara kelinci pastikan sudah tahu ilmu dan cara agar kelinci tetap produktif serta selalu dalam keadaan sehat.

Baca Juga : Kandang Kelinci

Perbedaan Kelinci Hias dan Pedaging

Sebenarnya tidak ada perbedaan spesifik dari kedua jenis kelinci tersebut, hanya saja jika ditinajau dari kegunaan atau fungsi berbeda.

Biasanya orang yang memelihara kelinci hias hanya digunakan untuk kesenangan semata seperti layaknya kucing.

Namun sejatinya setiap orang berbeda – beda ada orang yang memelihara kelinci hias untuk dibudidayakan yang nantinya bisa menghasilkan income untuknya.

Sedangkan kelinci pedaging biasanya digunakan untuk dijadikan makanan seperti sate kelinci atau masakan lainya.

Untuk di indonesia sendiri permintaan kelinci pedaging cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk kamu mulai memelihara kelinci pedaging.

Memang secara pemeliharaan dari kelinci sagat sulit karena butuh ketelatenan dan ketilitian yang ekstra, berbeda dengan hewan budidaya lainya seperti lele, ayam atau lainya.

Namun tidak ada yang mustahil jika kamu memang serius untuk memelihara tidak hanya kesenangan saja namun income dari memelihara kelinci juga akan didapat. Demikian pembahasan yang bisa slaverys berikan, mudah – mudahan bermanfaat.

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina –  kecintaan orang terhadap kelinci semakin banyak. Yah jelas karena memang hewan ternak yang imut...
DiyaLaila
2 min read

Penyakit Kelinci

Penyakit Kelinci – mempunyai hewan ternak yang imut dan menggemaskan tentunya akan menyenangkan, setiap harinya bisa bermain bersama dan menjadi teman...
DiyaLaila
4 min read

Vitamin Kelinci

Vitamin Kelinci – halo sahabat slavbis, bagaimana kabarnya, semoga setiap harinya semakin baik yah. Melanjutkan pembahasan mengenai kelinci memang tidak ada...
DiyaLaila
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *