DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Air Isi Ulang

7 min read

Usaha Air Isi Ulang – Air merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup. Air banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari mencuci, memasak, bahkan untuk dikonsumsi.

Air yang di konsumsi sudah pasti adalah air yang bersih, higienis dan sehat. Namun tidak semua air bisa dikonsumsi, oleh karena itu masyarakat lebih memilih mengonsumsi air bersih dari galon atau air isi ulang.

Jika daerah tempat anda tinggal kekurangan air bersih, maka hal ini bisa menjadi peluang usaha untuk anda.

Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk mulai membuka usaha air isi ulang yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk lingkungan anda dan pastinya juga bisa menambah penghasilan anda.

Alasan Kenapa Harus Usaha Air Isi Ulang

Alasan Kenapa Harus Usaha Air Isi Ulang

Bisnis isi ulang air akan selalu dibutuhkan dimana saja, dan tentunya bukan bisnis musiman, nah 5 alasan mengapa harus membuka bisnis air isi ulaang yang wajib anda ketahui

  • Air merupakan kebutuhan pokok manusia

Alasan yang paling utama yaitu air merupakan kebutuhan pokok manusia. Selain untuk memasak, air juga digunakan untuk minum, mencuci dan berbagai aktivitas lainnya.

  • Air bersih semakin sulit didaptkan

Anda pasti sudah tau bahwa tidak semua air di dunia ini bisa diminum, perlu adanya proses uji coba, penelitian bahkan filter yang berulang untuk memastikan air aman dan bisa untuk dikonsumsi.

Melalui usaha ini anda bisa memanfaatkan peluang untuk menyediakan air bersih yang dapat bermanfaat untuk banyak orang loh.

  • Bahan baku air minum semakin sulit di dapat

Masih berhubungan dengan poin ketiga ya untuk hal ini. Seringkali kita jumpai bahwa air sumur tidak bisa diminum karena berbau ataupun telah tercampur dengan zat tertentu yang mungkin bisa membahayakan bagi tubuh jika dikonsumsi.

  • Semakin kritis dalam pemilihan air minum

Di zaman yang serba teknologi ini, semua orang mulai kritis dalam hal apapun, termasuk dalam hal air minum yang mereka konsumsi dalam kesehariannya.

Memilih air minum yang bersih dan sehat merupan tujuan utama mereka. Maka dari itu jika anda membuka usaha ini, kebersihan dan kesehatan air isi ulang anda akan menjadi alasan utama mereka dalam memilih air isi ulang di tempat anda.

  • Bukan bisnis musiman

Yang terakhir adalah bisnis air isi ulang bukan bisnis musiman dan tentunya bisnis ini juga nggak ada matinya. Mengingat air merupakan kebutuhan pokok manusia.

Dalam usaha ini, anda hanya perlu menjaga kualitas air yang anda jual. Ingat! Menjaga kepercayaan para konsumen merupakan kunci sukses dalam menjalankan setiap bisnis atau usaha.

Modal Usaha Air Isi Ulang

Modal Usaha Air Isi Ulang

Untuk membuka usaha air isi ulang tentunya juga membutuhkan modal. Dengan

menganalisis modal yang akan anda gunakan maka persiapan anda akan lebih matang dalam mengelola usaha ini. Meskipun modal tidak dapat di patok, namun modal bisa kita perkirakan dengan rincian sebagai berikut:

  • Paket depo air minum lengkap, sekitar Rp 18.000.000
  • Galon kosong Aqua, sekitar 40 x 32.500 = Rp 1.300.000
  • Tisu galon, dan tutup botol sekitar Rp 150.000
  • Biaya reparasi atau pemeliharaan alat, sekitar Rp 150,000

Total estimasi modal awal yang di butuhkan Rp 19.600.000, tapi ini masih perkiraan ya, modal akan semakin bertambah jika anda menyewa tempat sebagai tempat usaha anda.

Namun jika anda memanfaatkan rumah anda sebagai tempat usaha akan jadi semakin hemat, dengan modal dibawah 20 juta saja anda sudah bisa membuka usaha depo isi ulang air minum.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan loh tiap bulannya.

Analisis Penghasilan yang Akan Anda Dapat

Analisis Penghasilan yang Akan Anda Dapat

Katakanlah anda mematok harga Rp 5.000 per galon yang anda isi ulang, dan dalam 1 hari ada 35 pelanggan yang datang, maka : 35 x 5.000 = Rp 175.000

Dalam sehari anda bisa mendapatkan pemasukan sebesar Rp 175.000, jika dalam 1 bulan 175.000 x 30 = 5.250.000 dikurangi biaya listrik Rp 200.000. dan biaya pembersihan mesin (peralatan) sekitar Rp 100,000 maka penghasilan netto yang anda terima 4.950.000.

Eitss itu Cuma 35 pelanggan dalam sehari, belum lagi jika usaha anda makin ramai pelanggan dan semakin meluas maka dalam sehari anda bisa menerima puluhan hingga ratusan pelanggan yang akan datang.

Menguntungkan bukan? Apalagi jika anda menyelingi dengan menjual keperluan rumah tangga lainya, bukan hanya isi ulang galon saja, tapi anda juga bisa menyediakan gas elpiji 3kg, dan menjual minuman dalam kemasan loh. Semakin menambah pemasukan anda kan pastinya.

Baca Juga : Usaha Sampingan

Mulai Bisnis ini Darimana?

Mulai Bisnis ini Darimana

Gimana sih untuk memulai bisnis ini? Mulai dari mana? Dan hal apa aja yang harus dilakukan? Hmm masih bingung ya? Nih mimin kasih tau tips dan pengelolaan bisnis air isi ulang ini dari awal.

  • Siapkan modal

Hal pertama yang wajib di persiapkan adalah modal. Dalam bisnis apapun modal memegang peran utama tentunya.

Selain mempersiapkan modal anda juga bisa survey kepada pengusaha air isi ulang yang lainnya untuk mencari info tempat pembelian perlengkapan yang bagus dengan harga yang relatif terjangkau.

Pandai mempersiapkan dan mengelola modal merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis anda.

  • Pilih lokasi yang tepat

Sama halnya dengan membuka bisnis lain, lokasi yang tepat merupakan hal yang amat menentukan dalam perkembangan bisnis anda.

Memilih lokasi yang dekat dengan perkotaan, dekat dengan keramaian dan di tempat yang tidak terlalu banyak dijumpai air minum yang bersih merupakan hal yang amat penting.

Pasalnya lokasi yang minim air bersih membuat para penduduk mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, mengingat air adalah kebutuhan pokok makhluk hidup.

Dengan mendirikan usaha air isi ulang merupan ide bagus sekaligus hal yang mulia untuk membantu mereka dalam mencukupi kebutuhan akan ketersediaan air bersih.

  • Temukan supplier yang terpercaya

Mencari supplier yang terpercaya memang tidaklah mudah, anda bisa mencarinya dengan bertanya kepada kompetitor – kompetitor yang sudah berpengalaman.

Nah lewat mereka anda bisa mendapatkan informasi kepada siapa anda akan bekerjasama dengan supplier, tentunya dengan supplier yang terpercaya akan produk yang mereka jual dan tentunya dengan harga yang relatif murah namun tetap berkualitas.

  • Izin kepada dinas kesehatan

Izin kepada dinas kesehatan juga teramat penting untuk anda lakukan. Jika anda mendapatkan izin dalam usaha anda maka hal ini akan membuat masyarakat semakin percaya bahwa air isi ulang yang anda jual sudah teruji kesehatan, keamanan dan kebersihannya. Sehingga hal ini akan menarik banyak pelanggan yang datang.

Cara Mengembangkan Usaha Air Isi Ulang

Cara Mengembangkan Usaha Air Isi Ulang

Setelah anda mengetahui estimasi modal dan hal – hal yang harus di persiapkan, anda juga wajib tahu gimana sih cara mengelolanya, lebih – lebih mengembangkan bisnis yang sedang anda geluti. Yuk simak tips sukses dalam mengembangkan usaha air isi ulang anda!

  • Tes market

Sebelum anda membuka usaha air isi ulang, ada baiknya jika anda mulai menyurvey lokasi yang akan anda jadikan sebagai tempat usaha anda.

Apakah penduduk sekitar mulai menggunakan air galon untuk kebutuhan minumnya? Atau hanya sedikit yang menggunakan air galon dan lebih memilih mengkonsumsi air rebusan.

Hal ini bisa menjadi pertimabangan untuk anda sebelum mendirikan usaha ini. Jika masyarakat lebih cenderung menggunakan air galon maka hal ini bisa menjadi peluang yang baik untuk anda.

  • Pelajari kompetitor yang ada

Hal salenjutnya adalah mempelajari kompetitor yang anda hadapi. Mulai dari menyurvey lokasi mereka, harga yang mereka patok, bahkan kualitas air minum yang mereka jual. Mempelajari kompetitor adalah hal yang nggak kalah penting dalam pengelolaan bisnis ini.

  • Lakukan pemasaran

Pemasaran sangat penting dalam bisnis atau usaha apapun. Untuk anda yang bary memulai usaha ini anda harus rajin melakukan promosi ya, mulai dari broadcast melalui SMS, WhatsApp, Instagram, bahkan pamflet yang anda pasang si tempat yang ramai.

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan tempat usaha baru anda. Jika banyak orang yang tahu, maka kesempatan akan adanya calon pelanggan baru akan semakin meluas.

  • Tunjukan kelebihan produk

Banyak nya kompetitor pasti membuat orang semakin memilih dalam hal mengkonsumsi air galon. Mulai dari harga, kualitas, bahkan pelayanan.

Menonjolkan kelebihan yang anda miliki merupakan hal yang penting, karena hal ini mampu menjaring pelanggan yang banyak dengan waktu yang cepat.

  • Siapkan strategi

Strategi yang baik akan menentukan hasil usaha anda. Mengelola depot dengan strategi yang baik mampu membuat  depot anda siap bersaing dalam persaingan yang semakin ketat di jaman ini.

Anda harus berpikir keras dalam melakukan hal ini, pasalnya ini tidak hanya membutuhkan pemikiran, tapi juga waktu anda.

  • Berikan hanya yang terbaik

Selain tenaga, pikiran dan waktu, memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik merupakan kunci utama. Dengan menjaga kualitas air minum anda, melayani pelanggan dengan sebaik mungkin juga akan memicu banyak pelanggan yang akan lari ke depot anda.

Posisikan saja anda menjadi seorang pelanggan, maka anda pasti ingin mendapatkan yang terbaik dari seorang penjual, mulai dari keramahan dalam pelayanan, kualitas produk yang akan anda beli, bahkan harga yang juga relatif terjangkau.

  • Perhatikan harga yang anda patok

Jika anda mematok harga, maka perhatikan juga kualitas dan kompetitor lain. Mengapa? Jika kompetitior lain menjual air dengan kualitas yang sama dengan anda namun dengan harga yang relatif murah, dijamin para pelanggan akan memilih air isi ulang dari kompetitor lain, bukan dari anda.

Tapi jangan terlalu murah juga, yang ada anda malah gulung tikar. Maka dari itu anda harus pandai – pandai dalam mematok harga ya.

  • Tertib dalam laporan keuangan

Maksudnya adalah selalu rutin dalam melakukan pembukuan di setiap hari nya. Mencatat pendapatan dari berapa banyaknya pelanggan yang datang dan mengisi air galon, dan mencatat setiap pengeluaran.

Semakin tertib dan sistematis dalam hal pembukuan maka hal ini akan mempermudah anda dalam mengetahui omzet yang anda terima setiap bulannya.

  • Pisahkan keuangan anda

Jangan lupa untuk memisahkan keuangan anda ya. Bedakan antara rekening pribadi dengan rekening usaha. Jangan sampai dicampur, nanti jadi habis deh untuk membeli kebutuhan sehari – hari. Tentunya hal ini juga sangat berdampak ya.

  • Terus cari pelanggan

Dalam bisnis, anda tidak hanya diam dan menunggu rezeki datang, memang rezeki itu tidak akan tertukar dan sudah tertakar, tapi anda juga wajib berusaha untuk menjemput rezeki itu.

Mulai dari cari pelanggan setiap waktu, nah caranya ya harus muter otak. Anda bisa pasang neon box untuk menginfokan bahwa disekitar mereka ada depot air isi ulang, atau bisa dengan cara – cara lainnya yang menurut anda bisa berdampak pada bisnis anda.

  • Yakin, terus berusaha dan jangan lupa berdoa

Yakin adalah kunci kesuksesan. Tanamkan rasa yakin terhadap diri anda, mulai dari yakin jika anda bisa sukses dan yakin jika usaha anda akan semakin berkembang di setiap harinya.

Berusaha dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal dan memuaskan. Jangan lupa untuk terus berdoa, jangan hanya mengandalkan usaha, karena usaha tanpa doa adalah kesombongan, dan doa tanpa usaha adalah kebohongan. Yuk keep spirit yaa.

Nah udah tau ya  tips sukses dalam mengembangkan usaha isi ulang air minum, kini mimin juga mau bagiin tips agar pelanggan nggak lari ke depot lain, apa aja sih yang harus dilakukan?

Baca Juga : Peluang Usaha Barbershop

Tips Usaha Air Isi Ulang

Tips Usaha Air Isi Ulang

  • Jaga kualitas

Jaga kepercayaan pelanggan anda dengan selalu mengoptimalkan kualitas air minum yang anda jual ya.

Ini juga ada hubungan nya dengan upaya anda dalam membersihkan peralatan yang anda gunakan dalam pengisian air galon agar tidak berlumut.

Jadi jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang anda guunakan secara teratur ya.

  • Meminjamkan galon untuk pertama kali

Jika anda baru membuka pengisian air galon, maka anda juga bisa menyediakan galon gratis untuk para pelanggan.

Pasalnya banyak pelanggan yang merasa keberatan jika mereka harus membeli galon dulu. Nah anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menarik banyak pelanggan.

  • Ramah dalam pelayanan

Ramah dalam melayani pelanggan juga penting nih. Jangan cuma mau uangnya saja, sebagai penjual juga harus melakukan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan.

Jika pelanggan merasa nyaman maka mereka akan terus berlangganan kepada anda.

  • Lakukan promosi untuk pelanggan lama

Anda bisa menggunakan berbagai strategi untuk menarik pelanggan, misalnya gratis 1x isi ulang jika sudah mengisi 25 galon, atau gratis pengiriman ke setiap pelanggan jika sudah berlangganan pengisian di tempat anda.

Tinggal anda saja yang harus kreatif dan inovatif untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan anda.

  • Menjalin hubungan baik dengan kompetitor

Kompetitor jangan hanya di anggap sebagai musuh, memang sih mereka adalah pesaing. Namun mereka juga manusia yang kebutulan berprofesi sama untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Anda bisa menjalin hubungan baik dengan kompetitor yang sudah berpengalaman, mungkin dia juga bisa berbagi pengalaman kepada anda. Sesekali berkunjung dan membawa sedikit bingkisan merupakan hal yang baik kan?

Baca Juga : Peluang Usaha Roti Bakar

Nah itulah hal – hal yang wajib anda ketahui dan anda pahami dengan baik sebelumannda membuka usaha air isi ulang.

Semakin baik anda memahami keadaan dan hal – hal yang berkaitan dengan usaha ini maka akan semakin siap pula anda untuk terjun di dalamnya. Semoga artikel ini dapat membantu ^^

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Frozen Food

DiyaLaila
5 min read

Usaha Cetak Foto

DiyaLaila
5 min read

Usahha Kos Kosan

DiyaLaila
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *