Usaha Angkringan, Usaha Booming di Era Milenial

Usaha ini memang sudah ada sejak dulu tentunya dengan konsep yang sederhana dan biasanya usaha ini hanya menyediakan berbagai minuman serbuk, kopi, gorengan atau nasi bungkus.

Berbeda dengan zaman milenial yang serba canggih ini, kini usaha angkringan banyak ditemukan dengan konsep modern, namun yang disajikan tidak jauh berbeda dengan angkringan sederhana.

 

Dengan modal kecil namun peluang keuntungan besar membuat usaha ini menjamur dimana-mana. Meski terkesan sederhana, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda terjun di usaha ini.

 

Tips memulai angkringan

  1. Tentukan konsep

Sebelum membuka angkringan, ada baiknya jika Anda mengembangkan konsep usaha. Hal ini akan sangat menentukan usaha Anda kedepannya. Tentukan konsep yang sesuai dengan target pasar dan lokasi tempat usaha Anda.

 

  1. Tentukan lokasi

Lokasi menjadi pertimbangan penting saat akan memulai usaha. pilih lokasi yang strategis, banyak dilalui pengguna jalan, dekat perkotaan atau dekat dengan pemukiman. Tidak harus menyewa tempat, jika rumah Anda terletak di tempat yang strategis Anda bisa tuh membukanya di rumah.

 

  1. Fasilitas yang Anda sediakan

Dahulu, fasilitas di angkringan mungkin hanya sebatas kursi dan meja, kalau lesehan malah lebih hemat lagi. Namun jika saat ini ada fasilitas yang lebih diburu oleh para pelanggan, Yup! Wifi dijawab. Jika angkringan Anda pengen larisi bisa nih pasang fasilitas yang satu ini.

 

  1. Pilihan menu

Sediakan menu yang bervariasi efektif bagi pelanggan, hal ini juga dinilai untuk menarik. Menu yang bisa Anda sajikan di angkringan contohnya seperti bakaran, gorengan, kopi, minuman serbuk, minuman dingin, minuman hangat, cemilan, nasi bungkus dan lain sebagainya.

 

  1. Harga yang miring

Tips yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah mematok menu angkringan dengan harga yang miring. Murah meriah asal laris manis… Hal ini juga untuk menarik pelanggan, dan membuat pelanggan tidak efektif berpikir panjang untuk jajan di angkringan Anda.

 

  1. Pelayanan yang ramah

Apapun usaha, pelayanan menjadi point utama dalam sebuah usaha. Berikan pelayanan yang ramah kepada para pelanggan agar pelanggan nyaman.

 

  1. Kebersihan angkringan

Perhatikan kebersihan tempat usaha Anda, kebersihan makanan dan minuman yang Anda sajikan juga sangat penting. Anda bisa melakukan banyak cara untuk menjaga kebersihan tempat usaha Anda, seperti membersihkannya secara berkala dan menyediakan tempat sampah untuk pengunjung.

Baca juga  Usaha Gorengan, Ajang Cari Cuan Yang Menguntungkan

Rekomendasi usaha angkringan laris manis

  1. Usaha angkringan anak muda

Banyak diburu nih, banyak ditemuin juga dipinggir jalan, di area perkampungan bahkan di daerah perkotaan. Apalagi anak muda jaman sekarang suka banget nongkrong, lebih-lebih angkringannya menyediakan wifi, jadi lebih enak deh.

 

  1. Usaha angkringan jogja

Sesuai dengan namanya, angkringan Jogja banyak ditemui di kota Jogja, baik dengan konsep sederhana atau dengan konsep modern yang milenial. Namun saat ini, angkringan Jogja juga banyak ditemukan di kota-kota lain, tentu saja tema yang digunakan adalah “Kota Jogja”.

 

  1. Usaha angkringan di rumah

Seperti di pembahasan sebelumnya, jika Anda memiliki rumah yang terletak di tempat yang strategis maka tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha ini. Seperti tips yang sudah kami urikan, jangan lupa untuk memperhatikan konsep yang akan Anda gunakan.

 

  1. Usaha angkringan modern

Di zaman milenial ini tentu semuanya serba modern agar tidak ketinggalan zaman, Anda bisa menerapkan konsep ini. Karena tidak sedikit usaha angkringan sukses karena menerapkan konsep ini.

 

  1. Usaha angkringan nasi kucing

Pelanggan setia angkringan tentu tidak asing dengan “nasi kucing”, bukan nasi yang disediakan untuk kucing, namun sebutan ini dilontarkan karena nasi yang dijual disajikan dalam porsi kecil seperti seporsi makanan kucing hehe

 

Karena murah, nasi kucing menjadi makanan yang memiliki banyak peminat. Nah, menu ini bisa Anda lihat sebagai variasi menu di angkringan Anda.

 

  1. Usaha angkringan mobil

Meski namanya angkringan mobil, tapi ini bukan usaha jual beli ataupun rental mobil. Angkringan mobil ini adalah angkringan tanpa etalase alias didalam mobil, tepatnya dibagasi mobil. Hemat biaya kan? Mau nyobain?

 

  1. Usaha angkringan sederhana

Angkringan zaman serba modern, namun masih banyak sekali peminat hal-hal klasik alias sederhana, termasuk dalam hal nongkrong berjama’ah. Angkringan sederhana memang sesuai dengan namanya, mengusung konsep yang sederhana dengan modal murah meriah.

 

Analisa modal

Investasi awal:

  1. Gerobak angkringan, meja, kursi, tikar, terpal, sekitar Rp 2.000.000
  2. Gelas biasa 2 lusin, sebesar Rp 40.000
  3. Gelas jumbo, 1 lusin, sekitar Rp 40.000
  4. Teko plastik besar 2 buah, sekitar Rp 40.000
  5. Termos, sekitar Rp 85.000
  6. Garpu 1 lusin, sekitar Rp 15.000
  7. Nampan 4 buah, sekitar Rp 40.000
  8. Tempat sendok, sekitar Rp 5.000
  9. Tempat nasi, sekitar Rp 40.000
  10. Ember ukuran sedang 2 buah, sekitar Rp 20.000
  11. Tempat sampah bahan plastik sekitar Rp 20.000

Total Investasi Rp 2.345.000

 

Biaya variabel perbulan :

  • Pembelian bahan baku perhari katakanlah Rp 200.000, maka dalam sebulan sebesar Rp 6.000.000.
  • Gas LPG, sekitar Rp 100.000/bulan

Maka total biaya variabel perbulan adalah Rp 6.100.000

Baca juga  Usaha Jus Buah, Peluang Usaha Yang Tiada Matinya

Analisa pendapatan

Bisa dikatakan dalam 1 hari pendapatan yang Anda terima adalah sekitar Rp 350.000 – Rp 600.000, maka perkiraan pendapatan kotor Anda dalam 1 bulan bisa mencapai Rp 10.500.000 – Rp 18.000.000. Sedangkan pendapatan bersih Anda adalah sekitar Rp 4.400.000 – Rp 11.900.000.

Ini semua tergantung dari harga yang Anda patok dan jumlah pelanggan Anda setiap hari.

 

Kelebihan dan kekurangan usaha

Kelebihan Usaha:

  • Banyak peminat
  • Modal relatif kecil
  • Bukan usaha musiman
  • Tidak memerlukan keterampilan
  • Bisnis yang sedang booming dikalangan anak muda

 

Kekurangan usaha:

  • Makanan tidak bertahan lama, jika tidak laku dalam sehari mka resiko makanan akan jadi dasar
  • tambahan tenaga, apalagi jika bisnis ini menggunakan tenda dan terpal, tentu akan membongkar setiap pasang akan membuka dan menutup usaha
  • Jika Anda menggunakan tenda dan terpal pada usaha Anda maka pembeli akan menurun drastis jika musim hujan tiba.

Baca juga  5 Tips Memulai Usaha Bakso, Modal di Bawah 5 juta!

Penutup

Usaha angkringan sering menjadi solusi usaha sederhana dengan modal murah dan pengelolaan yang mudah. Tidak hanya di desa, di perkotaan juga banyak ditemui usaha angkringan, mulai dari yang sederhana, yang modern, rumahan, millennial, dan lain sebagainya.

 

Agar lebih faham tentunya Anda harus mengetahui secara lengkap mengenai usaha ini, mulai dari tips memulai, rekomendasi usaha, analisa modal dan pendapatan, kelebihan serta kekurangan usaha yang sudah kami bahan secar lengkap melalui artikel ini.

 

Selalu berusaha dan berdoa ya calon-calon orang hebat, calon-calon orang sukses!

Salam hangat Penabisnis, bikin pinter bisnis!

Leave a Reply