5 Tips Memulai Usaha Bakso, Modal dibawah 5 juta!

Kuliner yang berbahan dasar daging ini memang banyak digandrungi, baik oleh anak-anak, remaja, dewasa bahkan para paruh baya. Tak heran, rasa yang enak dengan tekstur yang kenyal membuat kuliner ini tidak ada matinya.
Bukan hanya soal rasa, kuliner bakso adalah salah satu usaha yang dapat dilirik oleh para pebisnis. Selain modal kecil, usaha bakso juga merupakan usaha yang menjanjikan jika Anda tekuni. Hal ini bisa Anda lihat dengan banyaknya pengusaha sukses yang menggeluti bidang ini.

Kiat sukses memulai usaha bakso

Untuk memulai usaha ini memang tidak asal-asalan, jika Anda menginginkan cuan yang besar maka Anda juga harus memiliki strategi dan ciri khas yang berbeda dengan para pedagang lainnya.
Tips memulai usaha juga tidak kalah penting untuk Anda para pemula yang masih bingung mau mulai darimana, berikut tips nya:

Tentukan konsep usaha
Untuk membuka usaha ini, Anda perlu membuat konsepnya terlebih dahulu. Jangan mau yang biasa-biasa saja. Anda perlu memberikan sentuhan yang berbeda untuk menarik minat para pembeli.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk membuka usaha ini:

  • Konsep tempat usaha
    Bukan hanya caffe atau tempat nongkrong yang harus memiliki konsep millennial alias kekinian, tempat kuliner juga bisa loh. Semakin unik konsep tempat usaha Anda, maka akan semakin menarik minat pembeli
  • Harga bakso
    Harga bakso yang bersaing juga perlu Anda perhatikan, seperti halnya teori ekonomi, para pembeli sudah pasti lebih memilih yang murah dengan kualitas prima.
    Untuk Anda para penjual, Anda bisa mematok harga sesuai dengan menu dan rasa yang Anda hadirkan.
  • Menu variasi bakso
    Kali ini, bakso tidak hanya berbahan dasar daging sapi saja ada juga berbahan dasar daging ikan ataupun daging ayam. Selain itu ada juga usaha bakso kekinian yang memiliki isian keju, urat, kikil, cabe dan lain sebagainya.
  • Kualitas rasa dan bahan
    Selain varian isi, kualitas rasa dan bahan juga harus Anda perhatikan. Karena kunci dari usaha kuliner adalah rasa dan bahan. Banyak sekali referensi resep bakso yang bisa Anda cari melalui social media.
    Usaha pendamping
    Setelah kita makan biasanya butuh minum bukan? Nah pas banget! Anda bisa mendampingkan usaha ini dengan berjualan aneka minuman juga, mulai dari es teh, es jeruk, atau air mineral dingin. Lumayan kan itung-itung bisa nambah penghasilan.

Siapkan modal
Setelah menentukan konsep usaha, semuanya tidak akan terealisasi jika tanpa modal. So, persiapkan modal yang Anda butuhkan ya, Anda bisa mengajak orang untuk bekerja sama, meminjam ke bank/perorangan ataupun menabung.

Pilih lokasi
Dimana-mana, lokasi tempat usaha memang sangat mempengaruhi, terlebih jika usaha kuliner. Pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang, atau pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan perkotaan, kos-kosan, kampus, sekolahan dan yang lainnya.

Baca juga 17+ Rekomendasi Usaha Franchise Martabak ( Bisnis Plan )

Perhatikan pelayanan
Jika sudah membuka usaha ini, penting banget untuk memperhatikan pelayanan yang diberikan. Kecil atau besar skala usaha yang Anda buka, pelayanan menjadi salah satu faktor terbesar dalam kemajuan usaha Anda.

Strategi marketing
Kiat sukses yang terakhir adalah menerapkan strategi marketing yang ampuh, jitu dan mengena. Karena tiap tahun banyak sekali jenis marketing yang berkembang, maka Anda juga harus mengikuti alurnya. Jangan mau kalah

Berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan dalam pemasaran:

  1. Adakan soft opening
  2. Adakan promo, misalnya beli 5 porsi bakso free 1 es teh
  3. Pasang banner atau spanduk
  4. Pasang iklan di medsos
  5. Manfaatkan jasa aplikasi pengantar makanan
  6. Pelayanan dan rasa masakan juga amat berpengaruh. Faktanya, para pelanggan juga akan menceritakan atau merekomendasikan tempat usaha Anda kepada teman-temanya. Tentu impact nya juga begitu besar

Selain tips market, berikut adalah target market yang bisa Anda sasar:

  1. Pelajar sekolah
  2. Anak kuliahan
  3. Masyarakat umum
  4. Pegawai perusahaan
  5. Para pengguna jalan
  6. Pengguna medsos

 

Rekomendasi jenis usaha bakso

Tidak hanya 1 jenis saja, kuliner yang satu ini juga memiliki beragam jenis yang bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Berikut rekomendasi beserta analisis modal dam pendapatan usaha bakso:

Baca juga Franchise Makanan

  • Bakso keliling
    Pasti udah sering denger nih. Yups! Bakso keliling ini tidak hanya diam di satu tempat. Untuk mendapatkan pelanggan biasanya dengan cara berkeliling. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, cukup dengan modal dibawah 5 juta saja Anda sudah bisa mencari cuan dengan usaha ini.

Berikut rincian modal yang Anda butuhkan:
Asset tetap:
Gerobak dorong, sekitar Rp 2.500.000
Peralatan masak, sekitar Rp 750.000
Mangkok, sendok, dll, sekitar Rp 300.000
Total asset tetap Rp 3.550.000
Biaya variable setiap hari
Daging sapi 3kg x Rp 95.000 x 30 hari = Rp 8.550.000
Tepung dan bumbu penyedap, sekitar Rp 50.000 x 30 hari = Rp 1.500.000
Mie, sayur, dan pelengkap bakso sekitar Rp 50.000 x 30 hari = Rp 1.500.000
Gas LPG (Rp 17.000 x 2 tabung x 30 hari) = Rp 34.000
Total biaya variable per bulan Rp 11.584.000

Jika dihitung untuk modal awal (1 hari) maka untuk membuka usaha ini Anda hanya memerlukan modal sebesar Rp 3.952.000 saja, hemat bukan?

Sedangkan penghasilan yang bisa Anda dapatkan jika harga bakso setiap porsinya adalah Rp 10.000 x 60 mangkok = Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000 (pendapatan kotor) – Rp 11.584.000 (biaya variable) = Rp 6.416.000 (pendapatan bersih)
Lumayan bukan?

  • Bakso bakar
    Jualan bakso dengan modal kecil? Bisa banget! Anda bisa berjualan kuliner bakar yang satu ini. Bakso bakar dengan bumbu kacang ala-ala sate ini juga tidak sedikit peminatnya, Anda bisa membuka usaha ini dalam bentuk Franchise bakso bakar. Berikut estimasi modal nya:
    Asset tetap:
    Etalase, sekitar Rp 1.000.000
    Peralatan masak, sekitar Rp 350.000
    Total asset tetap Rp 1.350.000
    Biaya variable setiap hari
    Daging sapi 1kg x Rp 95.000 x 30 hari = Rp 2.850.000
    Tepung dan bumbu penyedap, sekitar Rp 15.000 x 30 hari = Rp 450.000
    Jamur, usus, tahu (varian bakaran) Rp 50.000 x 30 hari = Rp 1.500.000
    Gas LPG (Rp 17.000 x 2 tabung x 30 hari) = Rp 34.000
    Total biaya variable per bulan Rp 4.834.000

Jika dihitung untuk modal awal (1 hari) maka untuk membuka usaha ini Anda hanya memerlukan modal sebesar Rp 1.527.000 saja, sangat hemat bukan?

Sedangkan penghasilan yang bisa Anda dapatkan jika harga bakso, jamur, usus dan tahu bakaran setiap tusuknya seharga Rp 1.000 x 350 tusuk = Rp 350.000 x 30 hari = Rp 10.500.000 (pendapatan kotor) – Rp 4.834.000 (biaya variable) = Rp 5.666.000 (pendapatan bersih). Lumayan bukan?

  • Usaha bakso skala besar
    Jenis usaha ini diperuntukkan untuk Anda yang memiliki modal besar. Karena skala nya besar, tentu tidak boleh asal-asalan dalam mengelolanya, untuk itu Anda bisa mempelajarinya dari pembahasan sebelumnya.

Bisa diambil contoh, kuliner bakso dengan skala besar yang sudah sukses salah satunya adalah bakso boedjangan, bakso solo, bakso rusuk setan, bakso tengkleng dan masih banyak lagi.

Modal yag dibutuhkan juga cukup besar, bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang dialokasikan untuk pembelian bahan baku, penyewaan/pembangunan tempat usaha, dan biaya operasional perbulan. Jadi untuk modal memang bervariasi.

  • Paket usaha bakso
    Untuk Anda yang pengen simple bisa kok! Cukup dengan membeli paket usaha Anda sudah bisa membuka usaha ini. Paket yang disediakan juga beragam, tinggal menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki saat ini. Paket usaha ini sering sekali berbentuk Franchise usaha bakso.
    Karena biasanya sudah memiliki brand, maka untuk menjajakannya tentu tidak terlalu susah. Istilah keren dari paket kuliner ini adalah kemitraan atau cabang lah ya. Tertarik untuk mencoba paket usaha bola-bola daging ini?

Baca juga Franchise Ayam Geprek

Kelebihan dan kekurangan usaha bakso

Kelebihan:
Peluang usaha luas
Banyak peminat
Modal variatif
Bukan usaha musiman
Resep mudah dicari dan dipelajari
Mudah dikelola bila skalanya masih kecil

Kekurangan:
Banyak pesaing
Harga bahan baku fluktuatif
Jika tidak habis dalam sehari akan sulit menjaga kesegaran bakso

 

Kesimpulan:

Dunia kuliner memang tiada matinya, salah satu jenis kuliner yang banyak diminati adalah bakso. Bila dilihat dari peluang bisnisnya, bola-bola daging ini merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di tengah pandemi covid-19.
Pada artikel kali ini, penulis telah memberikan kiat sukses memulai usaha bakso, mulai dari usaha bakso bakar 1000 rupiah, bakso keliling bahkan bakso dengan skala besar yang mampu meraup untung puluhan juta rupiah.
Mulai dari tips market, tips memulai usaha, ragam jenis usaha, analisis usaha, lengkap dengan kelebihan dan resiko nya.

Leave a Reply