DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Bidang Jasa

6 min read

Usaha bidang jasaSelain usaha dagang, usaha di bidang jasa juga bisa kalian coba untuk tambahan penghasilan maupun sebagai penghasilan utama. Usaha jasa tidak kalah menjanjikan hasilnya dengan usaha dagang. 

Bahkan usaha jasa hasilnya melebihi usaha dagang kalau jasa yang kalian tawarkan benar-benar kompeten dan tepat dengan passion kalian. Dalam artikel ini kalian bisa memilih ide usaha jasa apa saja yang cocok dengan diri kalian.

Ide Usaha Jasa Yang Menjanjikan

Usaha Jasa Penerjemah

Usaha Jasa Penerjemah

Jika kalian memiliki kemampuan berbahasa asing yang lancar, usaha jasa penerjemah akan sangat cocok dengan skill kalian.

Menjadi seorang penerjemah tidak hanya bekerja diluar rumah, didalam rumah pun kalian bisa melakukan profesi ini.

Seorang penerjemah banyak dibutuhkan oleh pemerintah, perusahaan ataupun perorangan.

Mengingat banyak nya aktifitas yang berhubungan dengan pihak-pihak diluar negeri, inilah alasan mengapa jasa penerjemah banyak dicari saat ini.

Meskipun sudah ada aplikasi, website, media bahkan google translete yang menyediakan terjemahan, tetap saja jasa manusia lebih dibutuhkan karena tingkat keakuratan yang berbeda tentunya.

Untuk menjadi seorang penerjemah memang tidak membutuhkan modal. 

Beda lagi kalau kalian masih awam dengan bahasa asing, kalian pasti memerlukan modal untuk mempelajari dan memahami bahasa asing dengan cara kursus. Kalian bisa mempelajai beberapa bahasa asing yang potensial di dunia bisnis ataupun pemerintahan, jadi jangan hanya belajar satu bahasa saja ya.

Usaha Jasa Reparasi Laptop dan HP

Usaha Jasa Reparasi Laptop dan HP

Usaha yang satu ini juga tidak ada matinya.

Siapa sih yang tidak butuh handphone ataupun laptop? Pasti mayoritas masyarakat membutuhkannya bukan? Termasuk kalian yang sedang membaca artikel ini.

Usaha jasa reparasi laptop dan hp memang sangat potensial di era milennial ini.

Selain potensial, usaha jasa reparasi ini juga tidak boleh asal-asalan dalam mengerjakannya, nanti bukannya malah bener malah jadi rusak deh.

So, kalian bisa mempelajari dulu ya cara mereparasi laptop dan hp secara benar.

Usaha Jasa Pijat atau SPA

Usaha Jasa Pijat atau SPA

Pijat maupun spa memang masih banyak peminatnya, apalagi kaum wanita.

Spa menjadi salah satu moodbosternya wanita, selain ingin memanjakan diri, spa ataupun pijat juga bermanfaat untuk relaksasi sekaligus untuk menghilangkang capek dan pegal setelah beraktifitas seharian.

Bukan hanya wanita, pijat juga menjadi kebutuhan pria.

Pasalnya pria yang lelah setelah bekerja biasanya ke tempat pijat untuk memulihkan kondisinya, namun pijat yang dilakukan adalah pijat capek-capek, pijat keseleo ataupun yang lainnya.

Tertarik untuk membuka usaha jasa ini?

Usaha Jasa Riset Pemasaran

Usaha Jasa Riset Pemasaran

Usaha jasa ini memerlukan keahlian khusus nih.

Bagaimana tidak? Kalau kalian ingin membuka usaha ini, kalian juga harus mengetahui dengan baik bagaimana sih cara melakukan riset pasar dengan baik.

Usaha apa yang sedang trend saat ini? Seberapa potensial usaha yang akan didirikan klien kalian saat ini? Kurang lebih seperti itu.

Jangan salah, usaha ini juga sangat menjanjikan. Logikanya, dengan bantuan kalian, mangsa pasar akan lebih mudah dipahami dan diketahui oleh para pebisnis yang akan menjalankan usahanya.

Pasalnya, banyak sekali pebisnis yang kurang mengetahui dan kurang memahami tentang riset pasar.

Oleh karenanya, kalian bisa nih untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Baca Juga : Peluang Usaha Martabak

Usaha Jasa Penulis Artikel

Usaha Jasa Penulis Artikel

Usaha ini juga termasuk usaha jasa yang sangat potensial.

Dengan keuntungan yang menjanjikan, usaha ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat yang ingin berpenghasilan walau hanya dirumah saja.

Untuk membuka usaha jasa ini kalian tidak harus mendapatkan gelar sarjana.

Kalian hanya memerlukan keahlian untuk mengamati, meniru, dan memodifikasi dari para kompetitor.

Selain itu, kalian juga harus padai dalam mengolah kata dan merangkainya menjadi sebuah artikel.

Usaha Jasa Pembuatan Website

Usaha Jasa Pembuatan Website

Usaha jasa ini begitu menjanjikan keuntungannya.

Bagaimana tidak? Hanya dengan duduk manis dirumah saja kalian sudah mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Jasa pembuatan website ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan, badan, individu ataupun yang lainnya.

Usaha jasa pembuatan website akhir-akhir ini berkembang dengan pesat di era modern yang aktivitasnya banyak menggunakan situs internet.

Karena internet sangat berpotensi untuk mengembangkan bisnis seluas mungkin, inilah alasan mengapa internet sangat pesat perkembangannya.

Baca Juga : Usaha Sampingan

Usaha Jasa Les Privat

Usaha Jasa Les Privat

Buat kalian yang punya skill mengajar dengan baik dan cara kalian dalam menjelaskan pelajran dinilai baik, kalian bisa nih untuk membuka usaha jasa les privat.

Karena pandemi yang berkepanjangan ini, jasa les privat bisa kalian lakukan secara online alias di rumah aja.

Dengan keuntungan yang menjanjikan, usaha ini bisa kalian jadikan sebagai usaha sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kalian.

Kalian bisa bekerjasama dengan tempat privat, atau kalian juga bisa membukanya sendiri di rumah.

Tergantung dengan kenyamanan diri kalian masing-masing.

Usaha Jasa Fotography

Usaha Jasa Fotography

Usaha jasa ini cocok banget buat kalian yang punya skill memotret dengan hasil yang memukau.

Usaha ini bisa kalian jadikan sebagai usaha utama ataupun usaha sampingan.

Kalian bisa membuka studio foto, atau kalian juga bisa bekerjasama dengan wedding orginizer ataupun yang lain untuk menyalurkan hobi sekaligus usaha kalian.

Usaha ini juga mempunyai peluang besar dengan penghasilan yang lumayan.

Bagaimana tidak? Fotografer biasanya dibutuhkan di setiap acara-acara ataupun moment pecial, baik itu acara formal maupun informal.

Acara pernikahan, maternity, foto model, endorse, ijazah dan lain sebagainya.

Usaha Jasa Editing 

Usaha Jasa Editing 

Usaha jasa editing ini juga sangat berpeluang. Biasanya editing digunakan nuntuk memanipulasi gambar, dan video. Jasa editing juga berkembang pesat akhir-akhir ini.

Banyaknya youtuber yang bermunculan di tanah air tentu membutuhkan jasa editing untuk memaksimalkan kualitas video nya bukan?.

Selain itu, jasa editing juga bisa digunakan dalam strategi marketing.

Beriklan dengan menggunakan video tentu lebih menarik daripada beriklan hanya menggunakan gambar semata.

Tentunta untuk membuka usaha ini dibutuhkan keahlian yang mumpuni di bidang editing. 

Buat kalian yang bahkan sama sekali tidak punya keahlian di bidang ini bisa mengikuti kursus, mengikuti kelas online atau belajar secara otodidak melalui video-video di youtube.

Ketahuilah semua tidak ada yang instan, semua editor pro itu juga awalnya belajar dari awal kok, jadi buat kalian para pemula semangat yaa ^^.

Usaha Jasa Penitipan dan Pemeliharaan Hewan

Usaha Jasa Penitipan dan Pemeliharaan Hewan

Usaha jasa penitipan dan pemeliharaan hewan cocok buat kalian yang suka dengan hewan. Usaha ini pas banget buat kalian yang tinggal di daerah yang banyak orang liburan.

Tarif yang bisa kalian patok sesuaikan dengan harinya nya, maksudnya ada hari biasa, weekend, liburan sekolah, lebaran, natal atau hari-hari besar lainnya.

Kalian bisa menawarkan jasa ini kepada para pecinta hewan yang tidak bisa mengajak hewan kesayangannya untuk ikut liburan.

Jasa penitipan hewan biasanya juga menyediakan perawatan spesial untuk hewan peliharaan, oleh karenanya sang pemilik hewan sudah pasti akan  lebih tenang saat meninggalkannya.

Usaha Jasa Desain dan Jahit Pakaian

Usaha Jasa Desain dan Jahit Pakaian

Usaha yang satu ini juga menjanjikan keuntungan yang besar. Siapa yang tidak membutuhkan pakaian? Apalagi pakaian yang trendy dan unik begitu diburu oleh para fashionista. 

Selain itu, jika kalian membuka jasa jahit juga, pasti bakalan lebih gede profitnya. Mendesain dan menjahit pakaian juga membutuhkan skill yang mumpuni, tidak asal-asalan. Oleh karenanya bisnis ini begitu potensial. 

Usaha Jasa Rental Mobil

Usaha Jasa Rental Mobil

Besarnya kebutuhan transportasi, namun kurangnya biaya untuk membeli transportasi tersebut bisa jadi peluang bisnis jika kalian mampu memanfaatkannya. Usaha bisnis ini juga sangat potensial loh.

Tidak hanya dibutuhkan saat liburan saja, saat acara bersama keluarga juga biasanya membutuhkan transportasi yang bisa memuat banyak orang.

Usaha jasa rental mobil menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.

Meskipun begitu, resiko dari usaha jasa ini juga bisa di pertimbangkan lagi ya.

Baca Juga : Peluang Usaha Rental Mobil

Usaha Jasa Rental Play Station

Usaha Jasa Rental Play Station

Playstation, game yang tidak ada matinya karena perkembangannya yang amat signifikan.

Bukan hanya anak-anak saja, di kalangan orang dewasa juga tak sedikit yang menyukainya.

Usaha ini bisa kalian jalankan di lokasi yang strategis, yang tentunya akan membuat usaha kalian jadi makin ramai.

Usaha jasa rental play station bisa kalian jadikan sebagai usaha sampingan dirumah, tidak harus menyewa ruko jika rumah kalian memungkinkan.

Namun, kalian juga harus memperhatikan jam operasionalnya dan menerapkan beberapa syarat untuk para penyewa nya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Usaha Jasa Rental Kamera

usaha bidang jasa

Banyak sekali orang yang menginginkan hasil yang sempurna dari sebuah jepretan dan tanpa ribet, inilah yang melatar belakangi munculnya usaha rental kamera belakangan ini. Dan biasanya usaha ini banyak diminati oleh kalangan muda.

Untuk memanfaatkan kondisi tersebut, kalian bisa membuka usaha jasa rental kamera. Dengan modal yang lumayan memang, namun jika usaha kalian berjalan lancar tentunya akan balik modal kok.

Usaha Jasa Desain Interior dan Eksterior

Usaha Jasa Desain Interior dan Eksterior

Usaha jasa yang satu ini juga bisa kalian coba, tentunya dengan skill yang mumpuni, karena tidak mudah memang dalam mendesain interior maupun eksterior sebuah bangunan.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, namun omzet nya memang sangat menggiurkan.

Makadari itu, tak jarang orang yang belajar dan menempuh pendidikan hanya untuk memiliki skill ini.

Tingginya permintaan akan jasa ini membuat usaha desain interior dan eksterior tumbuh subur.

Usaha desain ini juga bervariai, mulai dari usaha jasa desain interior atau eksterior rumah, perusahaan, kantor ataupun yang lainnya.

Usaha Jasa Personal Trainer

Usaha Jasa Personal Trainer

Tumbuhnya kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal adalah sebuah peluang untuk membuka usaha bisnis.

Mengapa? Karena untuk mewujudkan hal tersebut memang tidaklah mudah, selain niat yang kuat bimbingan seorang pelatih kebugaran juga akan menunjang hal tersebut.

Hal inilah yang melatar belakangi munculnya usaha jasa ini.

Namun, memang tidaklah mudah untuk memulai usaha jasa ini, dibutuhkan perjuangan keras untuk memenuhi sertifikasi dan kualifikasi sebagai seorang pelatih kebugaran. 

Tidak cukup sampai disitu, memastikan kesuksesan klien untuk mencapai goalnya adalah hal terpenting dari profesi sebagai seorang trainer. Dan untuk melatih seorang klien juga tidak membutuhkan waktu yang singkat.

Harus ekstra sabar karena akan ada step-step yang harus dilalui.

Usaha Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Usaha Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Ditengah kesibukan masyarakat kota, banyak orang tua yang tidak punya banyak waktu untuk mengantar dan menjemput si buah hati bersekolah karena serangkaian kegiatan padatnya.

Karena tak jarang bukan seorang wanita berprofesi sebagai seorang wanita karir?

Hal ini nih yang bisa kalian jadikan peluang untuk membuka usaha jasa antar jemput sekolah.

Dengan adanya usaha jasa ini diharapkan banyak orangtua akan merasa tenang.

Selain itu bisnis ini juga sangat menjanjikan tanpa harus keluar modal besar.

Tidak harus mempunyai mobil, pake motor aja bisa kok. 

Tentunya profit yang kalian dapatkan tidak akan sebesar jika kalian menjemput secara kolektif dengan menggunakan mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Jadi, mau coba nggak nih?

Usaha Jasa Pemandu Wisata

Usaha Jasa Pemandu Wisata

Usaha jasa pemandu wisata sangat cocok untuk kalian yang tinggal di dekat kota wisata.

Untuk kalian yang tinggal jauh dari kota wisata jangan berkecil hati dulu ya.

Karena dengan kalian join di bus-bus pariwisata ataupun yang lainnya, kalian juga punya ksempatan yang sama kok.

Namun, untuk membuka usaha ini kalian juga harus memahami seluk beluk tempat wisata yang akan kalian tuju.

Bukan hanya itu, kemampuan berbahasa secara baik, lugas dan benar juga penting.

Mengingat kalian yang akan berkomunikasi oleh banyak wisatawan. Kemampuan berbahasa asing juga menjadi poin plus untuk kalian.

Persewaan Alat – Alat Camp

Persewaan Alat - Alat Camp

Mendaki gunung masih menjadi favorit anak muda jaman sekarang, tentunya sebagai anak gunung juga wajib membawa berbagai perlengkapan dan peralatan camp yang memadai guna menunjang perjalan mereka ketika mendaki.

Namun tak jarang juga anak gunung yang tidak memiliki peralatan dan perlengkapan yang lengkap. Oleh karenanya hal ini bisa kalian jadikan sebagai peluang usaha jasa loh.

Selain menguntungkan, usaha ini juga tidak ada matinya alias bukan usaha musiman.

Usaha Jasa Pengetikan

Usaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa pengetikan banyak dibutuhkan oleh para pegawai kaantor, mahasiwa, siswa sekolah ataupun yang lainnya. 

Banyak sekali orang yang tidak mau ribet, orang yang sangat repot dan membutuhkan pengetikan kilat, ataupun berbagai alasan yang lainnya.

Usaha ini tidak memerlukan banyak modal, kalian hanya perlu menyediakan laptop dan jari yang siap keritng hehe.

Pemasarannya juga harus gencar dan tepat sasaran.

Untuk menekuni usaha ini kalian tidak perlu keluar rumah, didalam rumah pun kalian bisa melakukan pekerjaan ini. 

Kesimpulan:

Itulah beberapa ide usaha di bidang jasa yang bisa kalian coba.

Mulai dari usaha bidang jasa dengan modal yang sedikit, usaha bidang jasa dengan modal yang lumayan dan usaha bidang jasa dengan modal yang besar.

Jadi kalian bisa menentukan sendiri sesuai dengan modal yang kalian miliki.

Contoh bisnis jasa di Indonesia sangat banyak jenisnya, oleh karenanya tentukan sesuai dengan skill yang kalian punya dan sesuaikan dengan passion kalian.

Karena pepatah pernah bilang “Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Semoga artikeel ini bermanfaat ^^.

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Cetak Foto

DiyaLaila
5 min read

Usahha Kos Kosan

DiyaLaila
4 min read

Usaha Travel

DiyaLaila
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *