Usaha Gorengan, Ajang Cari Cuan Yang Menguntungkan

Meski dinilai tidak sehat, namun gorengan memang primadonanya orang Indonesia. Orang jualan gorengan pun sangat banyak jumlahnya dan bisa kita temukan dimana saja. Modal murah namun untungnya bisa jutaan rupiah.

Meski dinilai mudah, namun ada hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk membuka usaha ini.

 

Tips jualan usaha gorengan

  1. Tentukan lokasi

Dimanapun tempatnya, gorengan tetap bisa laris manis, apalagi jika lokasi Anda di tempat yang strategis, seperti di daerah perkotaan, dekat pemukiman warga, dekat kampus, di area sekolahan atau di tempat orang banyak berlalu lalang.

  1. Goreng dengan sehat

Pernah mendengar gorengan plastik? Yup! Menggorengnya dengan memasukkan plastik didalamnya agar awet renyah. Jangan melakukan hal ini ya brother, selain mengancam kesehatan orang lain, jika ketahuan maka usaha Anda bisa bangkrut nantinya.

Selain itu, goreng dengan minyak dengan kualitas bagus ya, sering-sering mengganti minyak.

  1. Jaga kualitas rasa

Jaga kualitas gorengan Anda, karena tidak jarang gorengan berasa hambar atau malah berasa masam karena sudah hampir basi. Hal ini tidak lain adalah karena kualitas bahan yang digunakan.

  1. Persaingan harga

Ada yang menjual gorengan murah namun ukurannya super mini, ada juga yang menjual dengan ukuran jumbo namun harga sedikit lebih mahal. Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan target pasar yang Anda pilih, sesuaikan dengan ukuran, rasa, dan lokasi usaha Anda ya.

  1. Tambahkan usaha pendamping

Selain gorengan, Anda bisa mencoba untuk membuka usaha pendamping gorengan, seperti menyediakan minuman serbuk (es), es blend, kopi, snack ataupun ide usaha pendamping yang lainnya.

  1. Jaga kebersihan

Agar laris manis jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tempat usaha dan kebersihan gorengan Anda. Karena sudah menjadi rahasia umum kalau kebersihan adalah salah satu kunci sukses usaha kuliner.

 Baca juga Usaha Jus Buah, Peluang Usaha Yang Tiada Matinya

Rekomendasi ide usaha gorengan

  • Usaha gorengan rumahan

Untuk Anda yang memiliki modal minim namun rumah Anda terletak di lokasi yang strategis usaha ini bisa banget untuk Anda geluti.

  • Usaha gorengan modern dan unik

Biar gorengan nggak itu-itu aja, banyak nih para pengusaha yang puter otak untuk jualan gorengan modern dan unik baik khas Indonesia ataupun luar negeri, salah satu contohnya adalah:

– Pisang coklat

– Oreo goreng

– Sosis Solo

– Tempe goreng aneka rasa

– Tahu Krispy

– Nangka nanas goreng

– Singkong keju pedas

– Steak tempe

– Es krim goreng

– Kakiage Jepang

– Kroket kentang

– Tahu brintik

– Biskuit goreng

– Gorengan keripik bayam

Gorengan unik ini tidak lain adalah untuk menarik minat pembeli, dan alhasil memang banyak loh peminatnya, tertarik untuk menjualnya brother?

  • Usaha gorengan bakwan

Udah sering dijumpai, udah sering denger dan udah sering ngerasain kan? Emang gaada tandingannya sih ini, selain itu gorengan bakwan juga nggak ngebosenin, apalagi kalau ditambah udang diatasnya, duhh.. rasanya tambah nikmat yakan? Boleh dicoba deh buat buka usaha ini ya.

Jenis usaha ini adalah salah satu usaha gorengan yang paling laris manis dan kita rekomendasikan.

  • Usaha gorengan tahu

Simpel dan terkesan biasa aja, tapi peminatnya juga segambreng loh! Gorengan tahu ini juga kami rekomendasikan untuk Anda masukkan kedalam menu gorengan yang akan Anda buka.

  • Usaha gorengan sosis

Sosis goreng juga bisa Anda coba, untuk target marketnya biasanya sosis goreng lebih disukai anak-anak. Jadi rekomendasi tempat yang pas untuk usaha ini adalah di sekolahan atau tempat yang sering didatangi oleh anak-anak seperti tempat bermain.

Baca juga Peluang Usaha Franchise Fried Chicken Modal 10 Juta an. Mau ?

Analisa modal usaha

Investasi:

  • Peralatan masak (wajan, kompor, dll) sekitar Rp 400.000

Biaya variabel perbulan:

  • Biaya bahan baku, sekitar Rp 500.000
  • Gas, sekitar Rp 50.000

Total modal awal Rp 950.000

 

Analisa pendapatan usaha

Katakanlah dalam sehari pendapatan Anda sebesar Rp 100.000 – 250.000, maka dalam 1 bulan estimasi pendapatan kotor Anda sekitar Rp 3.000.000 – Rp 7.500.000, sedangkan pendapatan bersih Anda sekitar Rp 2.500.000 – Rp 7.000.000, wow banget nggak sih?

Pendapatan Anda bisa lebih besar jika Anda menambahkan usaha pendamping, seperti usaha gorengan dan kopi, dengan snack, dengan minuman serbuk dan lain sebagainya.

 

Kelebihan dan kelemahan usaha gorengan

Meski kelihtan simpel atau mudah banget, tentu setiap usaha memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan itu bisa Anda jadikan sebagai acuan memulai bisnis, oke langsung kita bahas saja

 

Kelebihan

  • Modal murah meriah, modal dibawah 1 juta saja Anda sudah bisa memulai usaha ini, seperti yang sudah kami ulas diatas ya
  • Banyak peminatnya, karena mayoritas masyarakat Indonesia suka dengan gorengan dan inilah alasan bahwa usaha gorengan memang tidak ada matinya
  • Bahan baku mudah dijumpai, dipasar, didekat rumah, ataupun dimana aja yakin deh pasti banyak yang jual.
  • Mudah dalam pemasarannya, tanpa promosi yang joss Anda sudah bisa menjualnya, yang penting rasa, bahan, kebersihan dan beberapa faktor yang sudah kita ulas di atas.
  • Cara buatnya gampang, tidak memerlukan skill tertentu, cuma bisa goreng-goreng aja udah bisa membuka usaha ini.
  • Fleksibel, bisa dijadikan usaha sampingan, jika Anda sudah punya pekerjaan tetap, tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha ini sebagai usaha sampingan.

 

Kelemahan dan resiko

  • Jika gorengan tidak habis dalam sehari maka jika dijual besok rasanya akan berubah
  • Harga bahan baku yang sering naik sewaktu-waktu
  • Banyak pesaing, jangan heran karena usaha ini memang banyak pelakunya karena memang melihat banyaknya kelebihan dari usaha ini
  • Pelanggan bosan jika gorengan yang disajikan itu-itu aja, solusi dari usaha ini adalah mencari ide kreatif, unik dan inovaif seperti yang sudah kami ulas sebelumnya.
  • Masyarakat semakin tahu betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat sehingga mereka lebih menghindari makanan yang kurang sehat seperti gorengan dan lebih memilih makan makanan yang sehat.

 Baca juga Peluang Usaha Mie Ayam, Untung jutaan rupiah

Penutup

Ide usaha murah meriah selanjutnya adalah usaha gorengan. Selain mudah dilakukan usaha ini juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan jika dikelola dengan cara yang tepat. Dalam artikel Penabisnis ini kami telah mengulas lengkap tentang usaha gorengan.

Mulai dari tips usaha gorengan agar laris manis, rekomendasi ide gorengan, analisa modal usaha, analisa pendapatan usaha, kelebihan usaha, kekurangan dan resikonya. Ikhtiarnya dibesarin, doanya dikencengin, semangat para pencari cuan!

 

Salam hangat Penabisnis, Bikin pinter bisnis!

Leave a Reply