Usaha Jus Buah, Peluang Usaha Yang Tiada Matinya

Siapa yang tidak suka dengan buah? Selain segar dan enak, buah tentu dibutuhkan untuk tubuh agar tetap terjaga kesehatannya. Selain banyak peminatnya, usaha ini juga banyak sekali penggiatnya, modal yang murah dengan pengelolaan yang mudah menjadi alasan yang utama.

Tidak sesederhana itu, jika Anda berpikiran untuk membuka usaha ini, tentu Anda harus memiliki sedikit banyak pengetahuan tentang usaha yang akan digeluti, baik berupa tips, analisa modal beserta pendapatan, dan tidak tertinggal informasi mengenai kelemahan dan resiko usaha.

 

Bisnis plan usaha jus buah

  1. Siapkan modal

Meski skalanya tidak terlalu besar, usaha ini tetap saja membutuhkan modal. Namun untuk modal memang bisa disiasati, jika modal Anda sangat minim, Anda bisa membeli bahan baku nya saja dan blender tanpa harus memiliki kedai.

  1. Tentukan lokasi

Penentuan lokasi memang sangat penting, biasanya jus buah tetap ramai dimanapun lokasinya, mengingat begitu banyak peminatnya. Untuk usaha ini Anda bisa memilih lokasi di pinggir jalan, di area sekolahan, area kampus, perkotaan, maupun perkantoran, usaha jus buah rumahan juga nggak kalah laris kok.

  1. Pelajari cara membuat jus yang enak

Sering dinilai sepele, karena bikin jus ya gitu-gitu aja kan? Tetap harus diperhatikan nih, mulai dari kesegaran buah, takaran air, buah, susu, dan gula, karena kalau ngasal pasti rasanya ngga creamy dan enak.

  1. Tentukan harga

Penentuan harga menjadi pertimbangan penjual, khususnya untuk para pembeli. Sesuaikan harga dengan rasa dan lokasi usaha Anda ya brother, sebagai contoh “Usaha jus buah 5000” udah sehat, murah meriah lagi.

  1. Pasarkan

Semua usaha tentu membutuhkan tahap yang ini, yup! Pemasaran. Pasarkan dengan cara yang menurut Anda efektif. Atau cara simpelnya pasang aja spanduk di pinggir jalan, udah deh calon pembeli bakalan baca dan kalau tertarik pasti mampir, bila perlu sisipkan copywriter juga ya 😉

Baca juga Peluang Usaha Mie Ayam, Untung jutaan rupiah

Tips usaha jus buah agar ramai pembeli

  1. Perhatikan kualitas bahan

Kesegaran buah menjadi penentu utama kualitas rasa dan keberlanjutan usaha Anda, pastikan Anda hanya memberikan yang terbaik ya.

  1. Perhatikan kebersihan

Bukan hanya soal rasa, kebersihan juga masuk kedalam tips usaha yang harus Anda perhatikan. Kebersihan ini meliputi kebersihan bahan baku dan kebersihan tempat usaha.

  1. Pelayanan jangan sampai kelewatan

Berikan pelayanan yang baik, yang ramah, yang memuaskan deh pokoknya. Ingat prinsip ini “pembeli adalah raja”.

  1. Promosi

Promosi harus gencar pokoknya, apalagi jika Anda menjualnya secara online. Banyak kan cara-cara marketing online yang jitu di internet? Nah Anda bisa tuh mempelajarinya, cuma butuh smartphone sama kuota doang kok, catat biar nggak lupa 😉

  1. Variasi produk

Variasikan produk usaha Anda, sesuaikan dengan perkembangan zaman. Kalau sekarang zaman millennial, maka Anda bisa membuat usaha jus buah kekinian, usaha jus buah botolan, usaha jus buah pelangsing, tuh bisa kan?

Pokoknya Anda harus kreatif dan puter otak deh, trus gencarin deh marketingnya!

  1. Usaha pendamping

Jangan hanya jus, Anda juga bisa menambah usaha pendamping yang sekiranya masih nyambung dengan bahan yang Anda gunakan, seperti salad buah, es buah, es campur, atau rujak manis? Nah lumayan kan buat nambah cuan?

 

Rekomendasi usaha jus buah

  1. Usaha jus buah rumahan

Cocok untuk Anda yang rumahnya berada di tempat strategis, tanpa sewa lahan ataupun kios didepan rumah saja bisa menghasilkan cuan, tentu modal yang dikeluarkan juga sangat minim bukan? Selain itu Anda juga masih bisa menghabiskan waktu dirumah dengan keluarga tercinta.

  1. Usaha jus buah kekinian

Usaha jus buah kekinian, cocok untuk kaum muda milenial. Kreasikan jus Anda semenarik mungkin ya brother, Anda bisa menambahi rasanya dengan topping diatasnya, capuran milo, kemasan yang lucu dan unik, dan beberapa kreatifitas yang Anda punya 😉

  1. Usaha jus buah botolan

Kalau yang satu ini cocok buat dibawa kemana-mana, lebih praktis tentunya. Usahakan untuk memilih kemasan botol yang unik untuk menarik minat calon pembeli.

  1. Kedai jus buah

Udah sering lihat pasti yakaan? Dengan modal yang relative rendah Anda juga bisa membuka kedai ini loh. Jurus jitu nya adalah lokasi, yup betul banget! Cari lokasi yang strategis ya bund!

  1. Usaha jus buah beku

Untuk Anda yang terkendala dengan umur simpan buah, Anda bisa mencoba praktekin ini. “Frozen” alias usaha jus beku, tapi tentu saja usaha ini memiliki kekurangan dibandingkan usaha jus buah pada umumnya.

  1. Usaha jus pelangsing

Pasti pernah denger? Salah satu brand ternama milik artis Indonesia yang penjualannya melejit. Pengen coba? Kenapa tidak :D. harga yang ditawarkan jelas berbeda, dan tentu dengan tambahan bahan pengawet bikin jus kalian ngga cepet basi dan bisa dikirim kemana-mana.

Tapi tentu saja, resep yang digunakan akan berbeda dari jus buah pada umumnya, so selamat belajar dan mencoba ya!

  1. Paket usaha jus buah

Jurus anti ribet bisa banget buat Anda manfaatkan. Tinggal contact agen usaha jus buah dan daftarkan diri Anda untuk jadi mitranya. Setelah itu Anda bisa langsung jualan deh.

Baca juga Peluang Usaha Cuci Motor Dengan Modal Kecil dan Menjanjikan

Tips membuat jus buah enak

Meski kelihatan simple, ada beberapa hal yang akan mempengaruhi rasa dari jus yang Anda jual, salah satunya kualitas bahan, jenis buah, cara mengolah dan yang lainnya. Lebih lengkapnya lengsung simak penjelasan dibawah ini ya bro sist!

  1. Pemilihan buah

Pilih buah segar dengan kematangan yang pas, jangan terlalu muda karena rasa buah akan cenderung asam dan warna akan pucat. Sedangkan kalau buah terlalu masak maka teksturnya akan lembek dan aromanya lebih menyengat.

  1. Takaran buah

Takarlah buah lebih banyak daripada air, karena jika buah terlalu sedikit dan air lebih banyak maka hasil jus akan encer. Lebih baik Anda menakar buahnya lebih banyak agar lebih kental.

  1. Takaran bahan campuran

Bahan campuran ini bisa berupa susu, gula, yogurt atau campuran buah lain. Takar sesuai kebutuhan ya, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Karena kalau campuran ini terlalu banyak justru membuat jus bukan tambah enak, malah tambah enek.

  1. Waktu memblender

Saat ngeblend buah usahakan jangan terlalu sebentar ya, sesuaikan dengan takaran buahnya. Karena lamanya waktu memblender mempengaruhi kekentalan / ke-creamy an jus itu sendiri.

 

Analisis modal usaha :

Investasi:

  1. Etalase, sekitar Rp 800.000
  2. Meja kayu, sekitar Rp 275.000
  3. Blender, sekitar Rp 200.000
  4. Peralatan lainnya, sekitar Rp 200.000

Total investasi awal Rp 1.475.000

Biaya variable per bulan

  1. Buah, sekitar Rp 500.000
  2. Susu, sekitar Rp 100.000
  3. Gula, sekitar Rp 65.000
  4. Biaya listrik, sekitar Rp 85.000

Total biaya variable perbulan adalah Rp 750.000

Maka total modal yang akan Anda butuhkan dalam membuka usaha ini adalah sebesar Rp 2.225.000, murah banget kan? Modal bisa jadi lebih besar jika Anda menyewa tempat usaha, membeli lebih dari 1 alat investasi (blender, etalase, dll) dan memperkerjakan karyawan.

Analisis pendapatan usaha

Jika Anda mematok harga jual jus sebesar Rp 5.000 (selain jus alpukat) dan mematok harga jus alpukat sebesar Rp 10.000, dengan rincian penjualan sebagai berikut:

  • Terjual 300 jus selain alpukat dalam sebulan, maka Rp 5.000 x 300 = Rp 1.500.000
  • Terjual 150 jus alpukat dalam sebulan, maka Rp 10.000 x 150 = Rp 1.500.000

Maka total pendapatan kotor Anda adalah senilai Rp 3.000.000/ bulan. Sedangkan total pendapatan bersih Anda adalah Rp 3.000.000 – Rp 750.000 = Rp 2.250.000, lumayan bukan? Ini jika Anda hanya memiliki 1 kedai jus sederhana didepan rumah, jika lebih besar dan lebih banyak kedai, bisa Anda bayangkan bukan keuntungannya?

Baca juga 31+ Ide Usaha Modal Kecil Yang Lagi Trends Dengan Untung Besar

Kelebihan usaha jus buah

  1. Peluang besar

Siapapun memiliki peluang yang sama dalam usaha ini, peluang begitu terbuka lebar untuk Anda penggiat baru dalam usaha ini.

  1. Banyak peminat

Peminat fruit juice yang banyak cocok sekali untuk Anda yang ingin memulai mencari cuan dalam usaha ini.

  1. Modal kecil

Ini yang dicari, modal yang dibutuhkan kecil sehingga banyak orang yang mampu membuka dan mulai mencoba memanfaatkan peluang usaha ini.

  1. Mudah dijalankan

Nggak pake ribet! Tinggal kupas, potong, masukin ke blender dan tambahkan bahan lainnya udah jadi deh, jangan lupa buat nyari resep dan tips bikin jus yang enak ya, kebetulan udah kita ulas diatas yakan 😉

 

Kelemahan usaha jus buah

  1. Persaingan ketat

Selain menawarkan peluang yang besar, persaingan yang ketat juga menjadi salah satu tantangan yang siap nggak siap harus Anda hadapi. Meski rezeki sudah diatur olehNya, usaha dan doa wajib dikerahkan semaksimal mungkin ya brother.

  1. Buah mudah busuk

Resiko selanjutnya nih, untuk solusi akan hal ini, Anda bisa membeli buah sedikit saja (seperlunya) jangan terlalu banyak nyetok (kecuali kalau emang udah laris manis), trus simpan di kulkas ya.

  1. Buah musiman

Resiko yang satu ini jangan dibikin pusing! Buah yang musiman kan tidak semuanya, hanya beberapa saja, nah Anda bisa menjual yang ada saja, simple bukan?

 

Penutup

Pengen cari referensi usaha? Simple, kekinian, dan ngga musiman? Nih, mimin rekomendasiin usaha jus buah. Enak dan nyegerin! Dengan modal murah meriah, pengelolaan mudah dengan keuntungan yang lumayan lah.

Bukan hanya bisa dijadikan sebagai penghasilan utama, usaha ini juga bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan disela kesibukan Anda. Untuk Anda para pemula jangan resah ataupun gundah! Karena kami punya solusinya.

Artikel yang ditujukan untuk Anda pemula usaha jus buah sengaja kami ulas lengkap agar Anda bisa langsung mengeksekusinya! Mulai dari bisnis plan usaha, tips memulai, rekomendasi usaha, cara bikin jus buah yang enak, analisis modal, pendapatan, lengkap dengan kekurangan dan kelebihan.

Semangat untuk Anda para tulang punggung keluarga, yang nggak henti-hentinya putar otak untuk kebutuhan sehari-harinya

Salam hangat Penabisnis, buat pinter bisnis!

 

Leave a Reply