Usaha Kuliner

pelunag usaha kuliner

Saat ini, dunia kuliner memang begitu digemari oleh para pebisnis maupun oleh para pecinta kuliner. Tak jarang banyak usaha kuliner berdatangan memenuhi pasar.

Bervariasinya kuliner yang ada di sekitar kita membuat persaingan semakin kuat.

Pebisnis harus pandai-pandai dalam memutar otak dalam hal ini.

Lalu usaha kuliner jenis apa saja yang potensial dan banyak diminati oleh masyarakat?

Apa saja yang dipersiapkan untuk membuka usaha ini? Berikut akan kami ulas secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Memilih Usaha Kuliner

Cara Memilih Usaha Kuliner

  • Pilihlah jenis usaha kuliner yang memiliki banyak peminat dan potensial di masyarakat. Biasanya kuliner ini didominasi oleh makanan ringan, minuman kekinian dan beberapa makanan dari luar negeri.
  • Tentukan target pasar dari usaha Anda. Anda bisa menargetkan kepada anak-anak dengan berjualan kuliner manis namun tetap sehat, atau berjualan makanan berat untuk para dewasa dan pekerja, atau target para remaja dengan berjualan makanan dan minuman kekinian.
  • Pilih lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis akan menentukan banyak sedikitnya penjualan. Oleh karena itu, melakukan riset sebelum menyewa atau membangun kios adalah hal yang perlu Anda lakukan.
  • Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, maka sertifikat kehalalan dari usaha kuliner Anda sangat diperlukan. Jika memang sasaran Anda adalah semua khalayak, tentu hal ini begitu penting bukan? Muslim atau non muslim pun tetap aman mengkonsumsi kuliner Anda.
  • Lakukan strategi pemasaran yang jitu. Sebar promo, grand opening, testimoni pelanggan di media sosial, pasang endorse di influencer dan pasang banner di depan kios adalah hal yang bisa Anda terapkan.
  • Tidak harus dengan modal yang besar, Anda bisa membuka franchise untuk membuat usaha kuliner. Atau jika belum cukup modal, Anda bisa memasarkannya lewat media sosial dengan sistem PO, banyak jalan menuju Roma bukan?

Rekomendasi Jenis Usaha Kuliner

1. Usaha Kuliner Rumahan

Usaha Kuliner Rumahan

Seblak

Makanan pedas yang jadi vaforit anak muda ini bisa banget buat dijadiin sebagai usaha kuliner. Usaha ini cocok banget buat pecinta pedas.

Selain itu, usaha seblak memang membutuhkan skill memasak, jadi buat Anda yang belum jago masak, harus banyak-banyak belajar nih.

Makanan berat

Makanan berat alias makanan yang didominasi oleh nasi ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Jenis makanan berat yang bisa Anda jadikan sebagai usaha adalah:

  • Nasi pecel

Nasi yang dipadukan dengan bumbu pecel ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Kuliner yang satu ini cocok jika Anda jual di daerah kos, kontrakan, dekat kantor ataupun proyek. 

  • Nasi soto

Selain rasanya yang enak, soto juga pas dimakan saat makan siang karena kuah nya yang gurih dan segar. Ada beberapa jenis soto yang laku di pasaran, mulai dari soto ayam, soto daging, dan soto babat usus.

  • Nasi rawon

Makanan yang sering bersanding dengan soto ya rawon, kuah hitam yang khas dari kluwek ini bisa Anda coba sebagai ajang cari cuan. Rawon biasanya di gandengkan dengan daging, atau tempe goreng.

  • Nasi ayam geprek

Bukan hal baru lagi, ayam geprek kini jadi favorit banyak orang. Yang mampu menarik perhatian banyak orang yaitu karena sambal nya.

Banyak sekali jenis sambal yang cocok disandingkan dengan ayam geprek, mulai dari sambal matah, sambal bawang, sambal terasi, sambal pencit, sambal korek, keju dan lainnya.

  • Nasi goreng

Makanan yang bisa dibuat oleh siapa saja ya nasi goreng. Sering disandingkan dengan topping ayam suwir, seafood, dan lain sebagainya.

Banyak sekali merk usaha yang sukses berkecimpung di usaha ini, salah satu nya adalah nasi goreng 69.

Makanan daerah

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki banyak suku dan daerah, tentu di setiap daerah juga memiliki makanan khas. Yang jika makanan khas ini dijual, maka Anda juga akan mendapatkan banyak cuan.

Disisi lain ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Contoh dari usaha makanan daerah adalah:

  • Masakan Padang

Masakan Padang tidak hanya dijumpai di daerah asalnya, bahkan masakan Padang sangat populer dan menyebar luas di Indonesia.

Rasa masakan yang khas dengan rempah yang kuat ini memang sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

  • Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya dengan balutan sambal petis ini juga cocok untuk Anda jadikan sebagai usaha. Usaha kuliner rumahan ini biasanya dijual di warung ataupun pinggir jalan.

  • Gudeg

Makanan khas yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan ini berasal dari provinsi Yogyakarta dan Jawa tengah.

Gudeg masih banyak diminati oleh masyarakat, selain rasanya yang enak, gudeg memiliki beberapa varian, yaitu gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg Solo.

  • Pempek

Makanan khas daerah selanjutnya adalah pempek, pempek merupakan makanan khas Palembang yang memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis dan pedas.

  • Kerak telor

Makanan berbahan dasar telur yang berasal dari kota metropolitan juga cocok untuk Anda jadikan sebagai usaha kuliner. Kerak telur biasanya terbuat dari telur ayam atau telur bebek, dengan campuran beberapa bahan lainnya.

Baca Juga : Usaha Yang Menjanjikan

Frozen food

Usaha frozen food sangat direkomendasikan untuk usaha kuliner ini.

Selain banyak peminatnya, usaha ini juga mampu memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Selain simpel, usaha ini tentu dapat dijadikan sebagai usaha sampingan.

  • Nugget

Nugget memang menjadi primadonanya usaha frozen food.

Terbuat dari daging ayam dan campuran bahan lainnya membuat nugget banyak disukai oleh masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan gurih.

Selain untuk lauk, nugget biasanya dijadikan sebagai camilan.

  • Sosis

Menu lain yang wajib ada di usaha frozen food adalah sosis. Banyak sekali   merk sosis yang beredaran di pasaran, dengan berbagai rasa seperti ayam, sapi dan otak-otak.

  • Bakso

Bakso juga bisa Anda jadikan sebagai menu dalam usaha frozen food. Ada beberapa varian bakso yang ada di pasaran, yaitu bakso sapi, bakso ayam, dan bakso ikan.

  • Kebab frozen

Kebab bukan hanya disajikan siap santap, namun kebab frozen juga banyak sekali ditemui pada usaha frozen food.

Kebab frozen ini harganya lebih murah dari kebab yang siap santap.

  • Kentang

Kentang frozen juga bisa banget nih buat Anda jadikan sebagai menu usaha frozen food.

Banyak sekali penggemar dari makanan berkalori besar ini. Apalagi potato frozen sangat mudah untuk disajikan.

 Jajanan pasar

Jajanan pasar seperti kue basah, kue kering dan jajanan tradisional yang lain juga bisa Anda jadikan sebagai usaha kuliner.

Meski terlihat jadul, namun siapa sangka kalau jajanan pasar juga masih banyak peminatnya.

  • Onde-onde

Kue tradisional dengan bentuk bulat dan banyak taburan wijen di atasnya merupakan kue yang banyak dijumpai dipasaran, karena memang banyak peminatnya.

  • Kue lumpur

Kue dengan tekstur lembut ini memang masih banyak dicari.

Dengan rasa yang enak dan creamy membuatnya banyak diminati oleh banyak kalangan. Kue ini bisa Anda jadikan daftar menu untuk usaha kuliner Anda.

  • Lemper

Kue tradisoinal selanjutnya adalah kue lemper.

Dengan bahan dasar ketan dan isian daging ayam atau abon juga masih banyak diminati masyarakat, selain itu lemper juga merupakan makanan yang mengenyangkan.

  • Lumpia

Kini, lumpia bukan hanya berisi wortel dan mie, melainkan rebung.

Rebung atau tunas bambu yang masih lunak ini memang memiliki rasa dan aroma yang khas. Ini bisa menjadi ide usaha untuk Anda.

  • Nagasari

Kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dan berisikan buah pisang memang legendaris. Banyak sebutan kue tradisional ini, salah satunya berubi, kue pisang atau lembang sari.

Camilan sehat

Meski jarang dilirik oleh para pebisnis, namun apa salahnya jika Anda ingin mencobanya?

Ditengah jajanan yang tidak sehat, Anda bisa hadir untuk memberi solusi kepada masyarakat untuk mulai mengkonsumsi camilan sehat.

  • Asinan dan rujak

Rasanya makan asinan dan rujak emang nggak ada bosennya. Selain rasanya yang segar, kuliner ini juga cocok dengan lidah orang Indonesia. Usaha ini cocok untuk dijadikan sebagai usaha kuliner rumahan.

  • Salad buah

Usaha kuliner rumahan rumahan dan sehat ini juga perlu untuk Anda coba. Selain cocok untuk banyak kalangan, pembuatan salad buah juga sangat mudah, dan tentunya bahan-bahannya juga mudah dijumpai di pasaran.

  • Keripik buah

Masih berbahan dasar buah nih, usaha keripik buah juga jadi rekomendasi untuk membuka usaha kuliner. Biasanya keripik buah banyak ditemukan di daerah pariwisata.

Baca Juga : Usaha Mebel

Usaha Kuliner Dipingir Jalan

Usaha Kuliner Dipingir Jalan

  • Snack kering

Snack kering alias camilan ini juga sangat potensial. Selain rasa yang gurih, snack kering juga tidak membuat para pecintanya bosan.

Aneka snack kering yang bisa Anda jual adalah makaroni, basreng, seblak kering, keripik singkong, keripik tempe, dan lain sebagainnya.

  • Gorengan

Gorengan memang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Meski tidak sehat, namun tidak dipungkiri kalau gorengan masih menjadi favorit lidah orang Indonesia.

Dalam beberapa acara ataupun momen, gorengan yang kerap dicari oleh masyarakat adalah pisang goreng, bakwan, tahu isi mie, singkong goreng, tempe mendoan, dan lain sebagainnya.

  • Minuman kekinian

Minuman yang kekinian memang menjadi favorit anak jaman now.

Beberapa jenis minuman kekinian yang bisa Anda jadikan sebagai usaha kuliner adalah Capuccino cincau, Thai tea, Dalgona coffe, Boba ice, Ice blend, Ice chocolate, dan lain sebagainnya.

  • Kopi

Tua, muda, miskin, kaya semuanya pasti suka dengan kopi.

Usaha yang begitu potensial ini memang sangat cocok untuk Anda geluti. Banyak sekali pebisnis yang meraup cuan dari usaha ini, mulai dari usaha warkop, pinggir jalan, bahkan cafe.

  • Martabak manis

Makanan berkalori besar ini juga begitu potensial untuk Anda jadikan sebagai usaha.

Legitnya rasa martabak manis yang ini tentu memiliki banyak peminat.

Selain mudah dikelola, bahan-bahan dari martabak manis ini juga sangat mudah dijumpai di pasaran.

  • Martabak telur

Makanan dengan bahan dasar tepun, telur dan isian daging ayam atau daging sapi ini menawarkan rasa yang enak dan gurih.

Martabak telur biasanya disandingkan dengan martabak manis dalam penjualannya.

  • Roti bakar

Kuliner yang banyak disukai oleh para pecinta kuliner ya roti bakar.

Roti bakar ini memiliki 2 jenis, yaitu roti bakar manis dan roti bakar asin.

Dengan banyaknya varian rasa dan topping, membuat roti bakar banyak diminati oleh masyarakat. 

  • Makanan ala Korea

Para penggemar K-Pop tentu belum afdhol rasanya jika belum mencicipi makanan ala Korea.

Banyak sekali makanana ala Korea yang dijual di Indonesia, mulai dari ramen, bulgogi, sup rumput laut Korea, dan banyak lagi.

Bukan hanya ala Korea, Anda juga bisa menjual makanan khas daerah lain seperti Jepang, Thailand, Italia, Turki, dan yang lainnya yang menurut Anda potensial.

  • Burger

Makanan ala Amerika yang sudah menjamur sejak lama juga patut Anda coba.

Meskipun makanan junk food ini kalorinya begitu besar, namun tidak sedikit orang yang menyukainya.

Beberapa perusahaan besar seperti MacDonal’s, King burger, KFC juga sukses dalam menjual dan mengelola bisnis ini.

  • Usaha aneka mie

Usaha kuliner aneka mie termasuk kedalam usaha kuliner kekinian.

Dewasa ini, banyak mie yang dirancang dengan berbagai jenis masakan, mulai dari mie goreng (bukan instan), mie pedas, mie ayam, dan banyak lagi.

Baca Juga : Usaha Frozen Food

Kesimpulan:

Usaha kuliner memang tiada matinya, beranekaragam makanan tentu akan terus berkembang setiap tahunnya.

Pada artikel kali ini penulis telah merangkum beberapa jenis usaha kuliner yang menjanjikan, mulai dari usaha kuliner rumahan dan usaha kuliner jalanan.

Dilengkapi dengan cara memilih usaha kuliner yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan memulai usaha kuliner untuk pemula.

Dengan perencanaan dan persiapan secara matang, maka diharapkan Usaha Anda mampu menjadi usaha kuliner sukses walau dimasa pandemi.

Leave a Reply