Peluang Usaha Laundry

Peluang Usaha Laundry – Jika anda inin membuka usaha, usaha laundry bisa menjadi peluang yang baik untuk anda. Selain mudah dilakukan, usaha ini juga mudah dalam system pengelolaanya.

Namun, untuk anda yang ingin terjun di bisnis ini, ada baiknya jika anda lebih mengenal usaha ini secara mendalam. Berikut adalah informasi terkait usaha laundy, dari mulai modal, jenis, kelemahan dan keleihan bisnis laundry.

Peluang Usaha Laundry

Peluang Usaha Laundry

Kesibukan masyarakat kota bisa menjadi peluang tersendiri untuk anda yan ingin memulai usaha, khususnya usaha laundry.

Banyak orang yang tidak ingin ribet mencuci bahkan tidak punya waktu luang untuk mencuci. Hal ini bisa menjadi keuntunan untuk anda bila anda mampu memafaatkan keadaan tersebut.

Untuk seorang pemula, usaha laundry yang paling tepat untuk anda adalah usaha laundry kiloan.

Karena laundry kiloan tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan system pengelolaan nya mudah, dan yang paling penting adalah tidak memerlukan keahlian khusus.

Usaha laundry kiloan untuk pemula

Usaha laundry kiloan untuk pemula

Usaha laundry kiloan merupakan usaha yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Usaha ini tidak memerlukan banyak skill dan juga mudah dilakukakan untuk pemula.

Usaha laundry kiloan juga bisa dilakukan dirumah jika rumah anda memungkinkan. Bisnis ini cukup mudah di aplikasikan namun juga akan beresiko jika tidak dikelola dengan cara dan sistem pengelolaan yang baik.

Apa aja sih hal yang di perlukan untuk memulai usaha ini ?

Modal usaha laundry kiloan untuk pemula

Yang paling penting yaitu menyiapkan modal, hanya dengan modal di bawah 5 jutaan anda juga bisa memulai bisnis ini.

Bahkan cukup hanya dengan mempunyai alat setrika saja anda juga bisa lansung memulai usaha laundry. Tentunya dengan memperhatikan lokasi yang anda tempati akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis anda.

Berikut estimasi modal yang anda keluarkan jika ingin membuka usaha ini:

  1. Mesin cuci dan pengering, sekitar Rp 3,000,000
  2. Timbangan, sekitar Rp 150,000
  3. Deterjen, pewangi dan pelicin pakaian, sekitar Rp 400,000
  4. Setrika, sekitar Rp 500,000
  5. Hanger, sekitar Rp 100,000
  6. Plastik kemasan, sekitar Rp 50,000

Nah hanya dengan modal 4 jutaan anda sudah bisa memulai usaha laundry kiloan di rumah loh, bisa lebih hemat lagi jika anda tidak menggunakan mesin cuci tapi hanya menggunakan tangan saja, tentunya ini juga akan menguras waktu dan tenaga anda ya.

Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan

Keuntungan yang anda peroleh dalam bisnis usaha laundry kiloan

Sedangkan untuk estimasi omzet yang akan anda terima juga bisa di perhitungkan

Misalnya, anda mematok harga untuk usaha laundry kiloan sebagai berikut:

Cuci basah : Rp 2,500 /kg

Cuci Kering : Rp 3,000 /kg

Cuci setrika : Rp 4,000 /kg

Gorden : Rp 8,000 /kg

Selimut : Rp 10,000 /kg

Boneka : Rp 12,000 /kg

Paket Express : Rp 10,000 /kg

Katakanlah dalam 1 minggu ada 30 orang yang menggunakan jasa laundry anda

  • 5 orang cuci basah dengan jumlah berat 15 kilogram

15 x 2,500 = Rp 37,500

  • 5 orang cuci kering dengan jumlah berat 20 kilogram

20 x 3,000 = Rp 60,000

  • 10 orang cuci setrika dengan jumlah berat 60 kilogram

60 x 4,000 = Rp 240,000

  • 3 orang cuci gorden dengan jumlah berat 6 kilogram

6 x Rp 8,000 = Rp 48,000

  • 2 orang cuci selimut dengan jumlah berat 5 kilogram

5 x 10,000 = Rp 50,000

  • 2 orang cuci boneka dengan berat 3 kilogram

3 x 12,000 = Rp 36,000

  • 3 orang cuci express dengan jumlah berat 3 kilogram

3 x 10,000 = Rp 30,0000

Total keseluruhan pendapatan 37,500 + 60,000 + 240,000 + 48,000 + 50,000 + 36,000 + 30,000 = Rp501,500

Dan jika estimasi biaya yang harus anda keluarkan adalah 85,000 untuk deterjen, pewangi, dan pelicin pakaian, maka pendapatan bersih yang anda peroleh adalah 501,500 – 85,000 = Rp 416,500, jumlah penghasilan ini belum di perhitungkan untuk satu bulannya, dalam satu bulan pasti akan ada biaya tambahan lain, seperti biaya listrik, dan biaya tak terduga lainnya yang perlu anda persiapkan.

Dalam waktu 1 minggu saja anda bisa memperoleh penghasilan sebesar 416,500, bayangkan saja jika dalam 1 bulan, 3 bulan, bahkan dalam 1 tahun anda bisa memperoleh penghasilan yang cukup banyak.

Namun semuanya juga tergantung berapa banyak orang yang menggunakan jasa laundry anda, dan itu juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Faktor eksternal, yaitu strategis atau tidaknya lingkungan yang anda gunakan untuk membuka usaha laundry.
  • Faktor internal, meliputi kebersihan, kecepatan, kerapihan dan pelayanan yang anda berikan.

Semakin strategis tempat yang anda gunakan, dan semakin baik pelayanan yang anda berikan maka akan semakin banyak omzet yang akan anda peroleh, bahkan ini juga akan menarik banyak customer untuk menjadi pelanggan setia laundry kiloan anda.

Jenis Usaha Laundry yang Paling Diminati

Seiring perkembanan zaman, kini usaha laundry banyak sekali jenisnya, berikut beberapa jenis laundry yang mungkin cocok untuk anda coba, diantaranya :

  • Laundry kiloan

Laundry kiloan

Yaaa laundry kiloan, laundry yang paling sering kita jumpai dan paling cocok untuk orang yang gak pengen ribet nyuci karena gak punya banyak waktu luang.

Jenis laundry ini perhitungan biaya nya berdasarkan dengan berat baju yang akan di cuci oleh customer.

Biasanya baju yang di laundry adalah baju yang setiap hari dikenakan.

Oleh karena itu cara pencuciannya tidak terlalu di istimewakan, yakni pakaian di campur menjadi satu, otomatis harga yang di tawarkan jauh lebih murah, dan kebanyakan customer memilih laundry kiloan ini.

  • Laundry sepatu

Laundry sepatu

Seiring berkembangnya zaman, laundry sepatu ini muncul karena di latar belakangi oleh banyak nya trend sepatu yang pencuciannya mungkin menggunakan cara khusus agar sepatu tetep bagus.

Banyak nya brand sepatu premium yang muncul, juga pasti membutuhkan jasa laundry untuk perawatan sepatu agar tetap tampak seperti baru, tidak heran karena laundry sepatu menggunakan deterjen khusus untuk membersihkan sepatu dengan baik tanpa merusaknya.

Bukan hanya soal pencucian saja, tapi kini jasa laundry sepatu juga menghadirkan inovasi repair sepatu khusus untuk customer yang ingin sepatu nya nampak seperti baru lagi.

  • Laundry Karpet

Laundry Karpet

Nyuci karper yang tebal dan berat udah pasti bikin capek dan pegal yah, nah anda bisa hadir sebagai solusi untuk laundry karpet loh, apalagi sekarang ini banyak jenis karpet yang di jual di pasaran dengan ketebalan yang berbeda beda dan hampir setiap rumah juga pasti memiliki karpet, dengan hal ini maka tentunya pelanggan laundry karpet juga semakin luas.

Dengan laundry karpet anda bisa meraup keuntungan lebih besar daripada laundry kiloan, laundry karpet juga tidak terlalu ribet karena menggunakan mesin dan peralatan untuk mencuci nya.

  • Laundry Hotel

Laundry Hotel

Semakin banyaknya hotel dan berbagai penginapan yang hadir di tengah – tengah masyarakat atau kota – kota besar menjadi latar belakang dari munculnya laundry hotel.

Seperti laundry pada umumnya laundry hotel bekerja sama dengan hotel untuk mencucikan berbagai peralatan hotel, mulai dari sprei, selimut, handuk, bahkan pakaian tamu.

Jenis laundry ini membutuhkan perhatian ekstra, mengingat hotel selalu ingin memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu nya.

  • Laundry konvensional

Laundry konvensional

Laundry konvensional adalah laundry yang menyediakan pelayanan mencuci lebih spesifik, tak heran kalau laundry ini membutuhkan modal yang lebih besar daripada laundry kiloan pada umumnya.

Jenis laundry ini juga melayani dry clean yang biasanya di gunakan oleh banyak wedding organizer untuk mencucikan gaun pengantin.

  • Laundry Express

Laundry Express

Sesuai dengan namanya jenis laundry yang satu ini berbeda dengan laundry lainnya, laundry ini memiliki kemampuan untuk mengerjakan pesanan secara cepat.

Yang artinya laundry ini juga membutuhkan lebih banyak peralatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Jenis laundry ini cocok di buka di kota besar yang mayoritas masyarakatnya butuh sesuatu yang cepat dan efisien.

  • Laundry bisnis

Laundry bisnis adalah jenis laundry yang biasanya digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar dan memiliki jumlah karyawan yang banyak.

Untuk membuka bisnis yang satu ini tentunya harus memiliki modal yang lumayan besar, mengingat jumlah pakaian yang di cuci akan sangat banyak, tentunya dengan banyak peralatan dan karyawan yang harus anda sediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Tak heran jika jenis laundry ini setiap hari nya akan kebanjiran order dari banyak karyawan perusahaan

Kelemahan dan kelebihan usaha laundry

Kelemahan usaha Laundry

Kelemahan usaha Laundry

  • Persaingan yang tinggi

Persaingan pasti akan tetap ada dalam hal apapun itu, termasuk dalam usaha laundry, dimana bisnis laundry merupakan bisnis yang banyak dijalankan oleh masyarakat tentunya ibu rumah tangga.

Namun jika anda menyikapi persaingan ini dengan sikap yang positif maka akan sangat baik efek nya terhadap bisnis anda. Dengan ketatnya persaingan anda jadi bisa berinovasi, bahkan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen anda.

Bukan hanya wangi tapi juga bersih, semakin baik kualitas laundry anda maka akan banyak menarik konsumen.

  • Ketergantungan terhadap cuaca

Bila pada usaha laundry anda masih mengandalkan cahaya matahari maka anda harus selalu siap sedia untuk menghadapi pergantian musim, yaa matahari bisa menjadi sahabat bahkan musuh anda.

Bagaimana tidak? Saat sang mentari bersinar dengan sangat cerah nya anda pastinya merasa bahagia karena cucian anda akan cepat kering dan tentunya mempercepat proses laundry.

Begitu sebaliknya jika cuaca sedang tidak bersahabat, anda juga harus siap sedia untuk mengamankan cucian anda dari kehujanan, belum lagi bau apek yang di timbulkan pakaian karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung, anda juga harus mampu mengatasi problem – problem yang kemungkinan terjadi.

  • Memerlukan tempat yan tidak sedikit

Usaha laundry memerlukan ruangan yang tidak sedikit, bayangkan saja anda harus menyiapkan ruangan untuk menempatkan peralatan dan perlengkapan laundry, misalnya mesin cuci, penering, tempat untuk menjemur, tempat untuk melipat dan menyetrika pakaian, dan perlengkapan toko lainnya.

Apalai jika bisnis anda sudah berkembang dengan pesat, pasti ruang yang anda butuhkan juga akan semakin luas, berbeda hal nya jika bisnis anda baru memulai dan belum terlalu berkembang, pasti tidak memerlukan ruang yang terlalu luas.

  • Limbah yang di timbulkan

Menggunakan deterjen, pewangi dan pelicin pakaian setiap hari pasti akan menimbulkan limbah untuk alam sekitar, dari mulai air bekas cucian bahkan sampah plastik kemasannya.

Apalagi jika limbah itu menumpuk dari hari ke hari sampai tahunan pasti akan membuat lingkungan menjadi tercemar.

Dan selama ini banyak sekali bisnis laundry yang tidak terlalu memperhatikan pembuangan limbah nya.

Oleh sebab itu jika anda ingin membuka bisnis laundry sebaiknya anda lebih memperhatikan proses pembuangan limbah, jangan asal buang di sungai yaa.

Dan cara yang lebih efektif lainnya yaitu menggunakan deterjen yang ramah lingkungan.

  • Biaya perawatan yang besar

Tentu saja menggunakan banyak alat laundry seperti mesin cuci, pengering dan  sebagainya akan membutuhkan perawatan yang optimal demi untuk menjaga ke efektifan bisnis anda, pastinya perawatan itu juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Maka dari itu anda harus mempersiapkan nya secara matang

  • Masyarakat sudah memiliki mesin cuci sendiri

Karena teknologi semakin canggih, maka banyak sekali perusahaan yang memproduksi mesin cuci dengan berbagai inovasi dan keunggulan yang di tawarkan.

Alhasil mayoritas masyarakat memilih untuk membeli mesin cuci sendiri karena hal itu sangat memudahkan mereka dalam hal mencuci.

Apalagi dengan kritisnya pemikiran masyarakat terhadap service atau pelayanan yang diberikan oleh jasa laundry.

Dengan alasan lain untuk lebih menghemat pengeluaran, tentunya masyarakat pasti lebih banyak untuk memilih mencuci sendiri daripada menggunakan jasa laundry.

Keunggulan bisnis laundry

Keunggulan bisnis laundry

  • Bisnis yang mudah

Betul banget, kelebihan pertama dari bisnis laundry yaitu bisnis yang mudah, mudah memulainya bahkan mudah pula untuk menjalankan nya.

Hanya dengan berbekal mesin cuci atau tanpa mesin cuci pun anda bisa untuk menjalankannya, yang paling penting yaitu tidak menggunakan keahlian khusus, yakin deh kalau semua orang pasti bisa nyuci.

Namun tidak sedikit orang yang mengeluhkan kalau pakaian yang di laundry hasilnya kurang bersih cuma wangi aja, nah anda harus menggunakan cara untuk membuat pakaian yang anda cuci bukan hanya wangi, tapi juga bersih.

Anda bisa menggunakan cara pre-washing, yaitu mencuci bagian lipatan – lipatan baju yang mungkin banyak menyerap keringat dan terkena noda, contohnya di bagian kerah dan bagian ketiak, yakin deh jika cucian anda bersih dan wangi maka akan banyak pelanggan yang ingin menyucikan pakaiannya di tempat anda.

  • Dapat di operasikan sendiri

Yaps… dapat di operasikan sendiri, biasanya untuk pemula tanpa karyawan pun anda juga bisa mengoperasikan bisnis laundry anda secara mandiri, namun ini juga akan banyak menyita tenaga dan waktu, apalagi jika cucian anda menggunung.

Ada baiknya jika usaha laundry anda berkembang dengan pesat anda bisa merekrut karyawan untuk membantu pengoperasian usaha laundry anda.

  • Bisnis yang menjanjikan

Bisnis laundry merupakan bisnis yang menjanjikan, apalagi jika anda memiliki pelanggan tetap pasti penghasilan yang anda dapatkan bisa dihitung, setiap hari nya, setiap minggu nya, bahkan setiap bulannya. Anda hanya harus menjaga kepercayaan pelanggan kepada laundry anda.

  • Dibutuhkan oleh banyak orang

Salah satu kelebihan bisnis laundry adalah banyak dibutuhkan banyak orang, apalagi jika tempat usaha anda berada di tempat yang strategis, yaitu di kota besar atau di kawasan padat penduduk yang mayoritas masyarakatnya seorang pekerja atau mahasiswa, tentunya mereka tidak punya banyak waktu untuk mencuci. Anda bisa menjadi solusi untuk mereka denan membuka usaha laundry.

Leave a Reply