DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha martabak

6 min read

Usaha martabak – Martabak, makanan yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Baik itu martabak manis ataupun martabak telur semuanya memiliki citarasa yang khas.

Tak sedikit orang yang menyukainya bukan? 

Jangan hanya jadi pecintanya saja, kalian juga bisa kok untuk menjadi penciptanya. Iyups! Maksudnya adalah membuka usaha martabak ini.

Peluang yang besar masih terbuka lebar kok, jadi gak usah khawatir gak laku apalagi bangkrut, selama kalian mengikuti perkembangan dan tips-tips di bawah ini!

Peluang Usaha Martabak

Peluang Usaha Martabak

Peluang usaha martabak sangatlah besar, bukan hanya banyak peminatnya saja, untuk membuka usaha ini modal yang kalian butuhkan relative kecil, selain itu estimasi balik modal juga cepet kok.

Dan poin plus nya lagi, cara membuatnya sangat mudah dan bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan di pasaran.

Tips Memulai Usaha Martabak

Tips Memulai Usaha Martabak

Agar laris, kalian juga jangan asal-asalan untuk membuka usaha ini, diperlukan tips dan trik untuk mendongkrak usaha kalian jadi lebih laris manis. Yuk simak tips dibawah ini!

  • Siapkan modal

Menyiapkan modal adalah salah satu dari sekian tips penting membuka usaha. Karena jarang sekali usaha yang tanpa modal, kecuali usaha jasa ataupun droopship.

Untuk mengetahui modal yang perlu kalian siapkan, kalian perlu untuk mencatat semua kebutuhan yang diperlukan dalam usaha ini.

Baik itu peralatan, perlengkapan, bahan-bahan dan yang lainnya. Besaran modal juga sesuai dengan skala usaha yang kalian dirikan.

Semakin merinci kebutuhan yang kalian catat, semakin mudah pula kalian dalam menyiapkan modalnya. 

  • Tentukan lokasi

Lokasi menjadi pertimbangan penting dari semua bidang usaha. Karena dengan memilih lokasi yang strategis, hal ini bisa mempengaruhi omzet yang akan kalian dapatkan.

Pilihlah lokasi yang strategis, yang banyak orang lalu lalang di daerah tersebut.

Kalian bisa menyewa lokasi yang strategis di depan minimarker, dekat dengan sekolahan, balai desa, rumah sakit, tempat wisata, ataupun yang lainnya yang kalian anggap potensial.

Tentunya hal ini akan menambah biaya yang akan kalian keluarkan perbulannya pula.

  • Manfaatkan aplikasi pengantar makanan

Buat kalian yang akan membuka usaha martabak, ada baiknya jika kalian memanfaatkan aplikasi ini.

Berdasarkan riset, sekitar 20 juta masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi tersebut, karena keuntungan yang mereka dapatkan dari kemudahan bertransaksi tanpa harus datang ke tempat untuk memesan makanan.

Banyak sekali para pedagang yang menggunakan jasa aplikasi pengantar makanan untuk kemajuan usaha martabak mereka.

Kemudahan yang ditawarkan sangatlah menguntungkan untuk kedua belah pihak, baik itu pedagang maupun konsumen memang sama-sama diuntungkan. Tertarik untuk memasangnya?

  • Pencatatatan yang merinci

Jangan hanya asal laku dan untung saja, kalian juga harus membukukan setiap keluar masuknya transaksi untuk mengetahui laba atau rugi dari usaha kalian.

Jika kalian tidak mau ribet, kalian juga bisa memasang aplikasi untuk perhitungan keuangan usaha kalian secara cepat dan mudah.

Karena teknologi semakin maju dan berkembang, maka kalian juga tidak boleh ketinggalan nih, apalagi jika perkembangan dan kemajuan itu di dunia usaha.

Nah, untuk menjadi pengusaha yang sukses, kalian juga wajib menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

Jenis-Jenis Martabak

Jenis-Jenis Martabak

Ternyata martabak juga ada beberapa jenis yang beredar dipasaran. Dari yang harganya murce abiiss, sampai ke harganya yang lumayan. Yang mimin ketahui ada 3 martabak nih, yaitu martabak mini, martabak telur dan martabak manis.

  • Martabak Manis

Martabak manis adalah martabak yang terbuat dari adonan tepung terigu dan sudah diracik dengan resep tertentu.

Sesuai dengan namanya yaitu martabak manis, isiannya juga yang manis-manis, baik itu coklat, keju, susu, kacang, selai buah, dan masih banyak lagi varian rasa yang lainnya.

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak martabak ini malah bikin enek karena rasa manisnya Martabak ini banyak sekali peminatnya karena rasa nya yang enak, gurih dan manis..

Tak jarang kalian temukan pedagang yang menjual martabak manis ini di tepi jalan dengan menggunakan gerobak atau franchize yang sederhana.

  • Martabak telur

Martabak telur gak kalah banyak peminatnya! Selain rasanya yang enak, gurih dan ngangenin alias gak ngebosenin, martabak ini gak bikin enek.

Pas banget buat para konsumen yang doyan makan makanan asin dan gurih.

Sesuai dengan namanya, martabak ini bahan dasarnya adalah telur (untuk isian dalam) dan kulit yang terbuat dari tepung untuk bagian luarnya.

Dan untuk bagian dalam nya biasanya para pedagang menggunakan campuran telur, daun bawang dan daging. Baik itu daging sapi, ayam ataupun yang lainnya.

  • Martabak mini

Martabak yang harganya murce abis juga jadi buronan para pecinta kuliner.

Selain rasanya yang gurih, isiannya yang bervariasi, dan harganya juga gak nguras kantog kok.

Ukuran yang pas juga membuat para pecintanya tidak merasa kekenyangan saat makan, beda lagi kalau sekali makan 20 biji 😀

Kini banyak berkembang usaha martabak mini dengan varian isi yang beraneka ragam, seperti marsus (martabak usus), marlung (martabak balungan), marmie (martabak mie) dan masih banyak lagi martabak mini yang lainnya.

Kira-kira kalau di daerahmu ada gak?

Untuk permodalan usaha martabak mini memang mini juga, sesuai dengan namanya.

Mengingat murahnya bahan-bahan yang digunakan, dan mudah sekali menemukan bahan yang dibutuhkan untuk membuat martabak mini tersebut.

Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga : Usaha Sampingan

Modal Usaha Martabak

Modal Usaha Martabak

Sebelum ke modal, tentukan dulu martabak apa yang akan kalian jual. Karena selama ini ada beberapa jenis martabak yang laku di pasaran, antara lain martabak manis, martabak telur dan martabak mini. 

Setelah kalian tentukan martabak yang akan kalian buat usaha, kini kalian juga akan meganalisis besaran modal yang akan dikeluarkan

Aset jangka panjang

  • Gerobak/Etalase produksi: Rp2.000.000
  • Kompor dan tabung gas: Rp300.000
  • Wajan datar dan spatula: Rp250.000
  • Alat saring minyak: Rp35.000
  • Loyang: Rp250.000
  • Pisau: Rp25.000
  • Wadah/toples plastik: Rp100.000
  • Alat parut keju: Rp15.000
  • Peralatan lainnya: Rp150.000

Total aset jangka panjang: Rp3.125.000

Biaya operasional per bulan

Biaya-biaya lainnya

  • Biaya kebersihan: Rp100.000
  • Listrik, air: Rp150.000
  • Sewa tempat: Rp650.000
  • Retribusi: Rp75.000

Total biaya operasional per bulan : Rp975.000

Anggaran belanja bahan per bulan

Bahan martabak manis:

  • Bahan kulit (Rp 100.000 X 30 hari): Rp3.000.000
  • Bahan isi (Rp125.000 X 30 hari): Rp3.750.000

Total bahan Rp 6.750.000

Bahan martabak telur:

  • Bahan kulit (Rp50.000 X 30 hari): Rp1.500.000
  • Bahan isi (Rp120.000 X 30 hari): Rp3.600.000
  • Bahan acar (Rp20.000 X 30 hari): Rp600.000
  • Bahan saus (Rp30.000 X 30 hari): Rp900.000

Total bahan Rp 6.600.000

Bahan martabak mini :

  • Bahan kulit (Rp 7000 X 30 hari) : Rp 210.000
  • Bahan isian (Rp 20.000 X 30 hari) : Rp 600.000

Total bahan Rp 810.000

Bahan umum:

  • Minyak goreng (Rp12.000 X 30 hari): Rp360.000
  • Mentega (Rp7.500 X 30 hari): Rp 225.000
  • Kantong plastik (Rp3.500 X 30 hari): Rp105.000
  • Kertas alas, box (Rp17.000 X 30 hari): Rp510.000
  • Gas 3 Kg 2 buah (Rp34.000 X 30 hari): Rp1.020.000

Total bahan Rp 2.220.000

Total anggaran belanja bahan/bulan : Rp 15.570.000

Anggaran belanja ini sifatnya berubah-ubah, tergantung dari pembelian bahan setiap harinya, bisa jadi lebih sedikit dan bisa juga jadi lebih banyak sesuai dengan penjualan martabak setiap harinya.

Baca Juga : Peluang Usaha Bidang Jasa

Analisis Pendapatan

Analisis Pendapatan

Dalam semua usaha, pendapatan memang bisa diperkirakan walau tidak selalu sesuai dengan goal, baik itu tidak mencapai ataupun melebihi goal yang sudah dibuat, termasuk dalam usaha martabak.

Dalam usaha martabak, katakanlah kalian mematok harga martabak sebagai berikut:

  1. Martabak manis Rp 10.000 – Rp 25.000 (Tergantung varian isi)
  2. Martabak telur Rp 15.000 – Rp 35.000 (Tergantung varian telur)
  3. Martabak mini Rp 1.000 per biji

Dalam sebulan ada 3.345 pesanan martabak manis, martabak telur dan martabak mini dengan rincian sebagai berikut:

Terjual sebanyak 565 porsi martabak manis dengan rincian pesanan sebagai berikut:

  1. 270 porsi x Rp 10.000 = Rp 2.700.000
  2. 110 porsi x Rp 15.000 = Rp 1.650.000
  3. 100 porsi x Rp 20.000 = Rp 2.000.000
  4. 85 porsi x Rp 25.000 = Rp 2.125.000

Total pendapatan kotor martabak manis per bulan Rp 8.425.000

Terjual sebanyak 780 porsi martabak telur dengan rincian pesanan sebagai berikut:

  1. 400 porsi x Rp 15.000 = Rp 6.000.000
  2. 150 porsi x Rp 20.000 = Rp 3.000.000
  3. 105 porsi x Rp 25.000 = Rp 2.625.000
  4. 75 porsi x Rp 30.000 = Rp 2.250.000
  5. 50 porsi x Rp 35.000 = Rp 1.750.000

Total pendapatan kotor martabak telur per bulan Rp 15.625.000

Terjual 500 biji martabak mini per bulan

  1. 1000 biji x Rp 1000 = Rp 1.000.000

Total pendapatan kotor martabak mini per bulan Rp 1.000.000

Total pendapatan kotor per bulan Rp 25.050.000 dikurangi biaya pengeluaran perbulan Rp 975.000, dan biaya bahan sebesar Rp 16.380.000

Maka: Rp 25.050.000 – Rp 975.000 – Rp 16.380.000 = Rp 7.695.000 total pendapatan bersih per bulan.

Sebesar itulah kira-kira pendapatan kalian perbulannya. Pendapatan bisa berubah-ubah tergantung pada penjualan kalian. Dan biaya juga bisa berubah-ubah, semuanya serba kemungkinan ya, sesuai dengan situasi dan kondisi usaha kalian.

Konsep Usaha Martabak

Konsep Usaha Martabak

  • Utamakan citarasa

Citarasa adalah power dari setiap bisnis makanan, makanan yang enak dan bikin nagih adalah konsep yang harus dimiliki agar jualan jadi laris manis, oleh karenanya kalian harus punya resep andalan untuk membuat martabak manis ataupun martabak telur.

Citarasa yang tetap enak dan tidak berubah akan membuat kalian memiliki pelanggan tetap, pelanggan setia lah bahasanya. Lebih-lebih jika kalian uprage variasi rasa, pasti banyak pelanggan baru yang akan membeli martabak kalian.

Meskipun persaingan sangat ketat,  jangan khawatir kalau pelanggan akan kabur, karena kalian mempunyai alasan untuk mempertahankan para pelanggan dengan cara mengutamakan citarasa yang khas dan enak.

  • Upgrade variasi

Kalau rasanya itu-itu aja pelanggan bisa merasa bosan.

Kalian perlu membuat pembaharuan nih. Iyaa pembaharuan menu rasa martabak kalian.

Kalau kalian berjualan martabak manis, kalian bisa menambahkan varian isi martabak, atau varian rasa kulit martabak.

Untuk varian kulit martabak, kalian bisa menambahkan rasa pandan, red velvet, black fores ataupun yang lainnya.

Dan untuk varian isi kalian bisa menambah isi yang lain daripada penjual lain, sesuai dengan kreasi dan kesukaan para pelanggan.

Untuk martabak telur, kalian bisa membuat varian isian telur, baik itu telur ayam boiler, telur ayam kampung, telur bebek, telur angsa atupun telur mentok.

Tentunya dengan harga yang bervariasi ya, dan ini bisa menambah omzet kalian loh.

Nah untuk variasi isi nya, kalian bisa mengisikan daging ayam, daging sapi, daging ikan, sosis sapi, sosis ayam, dan daging yang halal dan toyyib (baik) lainnya.  

  • Bonus untuk pelanggan setia

Ini nih yang diincar sama banyak orang. Kalian bisa terapin strategi ini untuk menarik para pelanggan. Strategi jualan martabak ini jarang sekali dilakukan oleh para penjual.

Sebagai contoh kalian bisa menambah isi jadi lebih tebal kalau dia order 5x dalam seminggu.

Atau kalian juga bisa memberikan kupon untuk 3 pemesanan sekaligus.

Kupon tersebut bisa ditukar dengan martabak manis atau telur ketika sudah terkumpul 15 kupon.

Meskipun ini akan mengurangi omzet kalian, tapi hal ini dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan.

Kenapa? Karena jaman sekarang masih ada yang mau ngasih gratis? Jaman sekarang siapa sih yang gak suka dikasih sesuatu secara cuma-cuma?

Untuk konsep yang ini bisa kalian pikir-pikir lagi ya ^^

  • Pemasaran yang jitu

Memang dalam berbisnis martabak cara pemasarannya ya gitu-gitu aja kan? Kan emang buka nya pake grobak di lokasi yang strategis, kadang juga didepan rumah kalau kebetulan bisa. 

Coba deh kalian mempromosikan usaha martabak ini melalui online, secara, kini anak muda banyak yang main gadget bukan? Ini nih peluang dan kesempatan yang bisa kalian manfaatkan untuk kemajuan usaha kalian!

  • Kembangkan usaha

Mau usahamu tambah luas dan tambah besar omzetnya? Pengen terkenal juga usaha martabak kalian di kota tempat tinggal kalian? Len=bih-lebih di seluruh Indonesia? Ya ini jawabannya! Mengembangkan usaha!

Meski tidak semudah berbicara, namun usaha tidak akan menghianati hasil kok. Jika kalian bersungguh-sungguh nothing is impossible, but everything is possible. Begitulah kata semangat yang keluar dari ketikkan mimin hehe

Semangat untuk para pebisnis!

Baca Juga : Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Kesimpulan :

Itu dia sekilas info untuk kalian yang ingin membuka usaha martabak manis, martabak telur ataupun martabak mini.

Di dalam artikel ini sudah disebutkan untuk peluang usaha martabak, jenis-jenis martabak, analisis modal usaha martabak, analisis pendapatan usaha martabak dan konsep usaha martabak yang dijamin bisa bikin kalian semakin melek akan dunia usaha dan kami juga memberikan informasi untuk bagaimana cara memulai usaha nya!

Mudah bukan? Berani untuk coba buka usaha? 

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Cetak Foto

DiyaLaila
5 min read

Usahha Kos Kosan

DiyaLaila
4 min read

Usaha Travel

DiyaLaila
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *