Peluang Usaha Mie Ayam, Untung jutaan rupiah

Kuliner yang satu ini juga tak kalah banyak peminatnya. Selain peminat kulinernya, pengusaha di bidang mie ayam juga banyak pelakunya. Mengingat modal yang relative minim dan pengelolaannya lumayan sederhana membuat usaha ini banyak dikembangkan.
Untuk Anda yang masih bingung memulai usaha ini darimana, modal berapa yang akan dikeluarkan, estimasi pendapatan berapa dan masih bertanya-tanya terkait usaha ini berikut akan kami kupas tuntas mengenai usaha mie ayam.

 

Bisnis plan

Bisnis plan alias rencana bisnis harus ada dan harus dipikirkan matang-matang. Sekecil apapun usaha Anda jika Anda membuat rencana bisnis secara matang tentu usaha Anda lebih bisa berkembang dan bersaing.
Berikut adalah bisnis plan usaha mie ayam:
Pelajari resep mie ayam
Sebelum membuka usaha ini, alangkah baiknya jika Anda mencari resep dan mencobanya terlebih dahulu. Karena memang usaha kuliner tentu lebih mengutamakan rasa. Tidak terlalu ribet, di social media banyak sekali resep yang bisa Anda coba.

  • Tentukan lokasi

    Setelah menemukan resep yang pas dan enak, plan selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha. Anda bisa memilih lokasi yang strategis, dekat dengan perkantoran, perkampungan, sekolahan, kampus atau bahkan perkotaan.

  • Tentukan harga

    Plan selanjutnya adalah menentukan harga jual, Anda bisa menentukan harga berdasarkan rasa, porsi, variasi menu yang Anda tawarkan, selain itu lokasi juga mendukung dalam penentuan harga.

  • Strategi pemasaran

    Untuk mendongkrak penjualan, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang mengena. Selain memasang spanduk usaha, rasa juga amat berpengaruh dalam hal pemasaran ini.

  • Variasi menu

    Terkadang, variasi menu juga sangat berpengaruh pada penjualan, tidak hanya original saja, Anda bisa menambahkan variasi menu seperti bakso, siomay, ceker dan lain sebagainya sebagai pelengkap mie ayam Anda.

  • Tambah penjualan sampingan

    Jika Anda menjual makanan, tidak lengkap kalau tidak ada minuman. Nah, hal ini bisa menjadi peluang usaha sampingan Anda, lumayan bukan nambah-nambah cuan? Selain minuman, snack juga bisa Anda tambahkan loh.

 

Target market kuliner mie ayam

Pelajar
Masyarakat umum
Mahasiswa
Karyawan
Remaja

Baca juga 5 Tips Memulai Usaha Bakso, Modal dibawah 5 juta!

Rekomendasi usaha mie ayam

  • Usaha mie ayam rumahan

    Untuk Anda yang memiliki modal minim, usaha mie ayam rumahan ini bisa banget untuk Anda geluti. Tentunya Anda juga harus memiliki resep yang enak untuk menarik dan mempertahankan pelanggan Anda.

  • Usaha mie ayam Bangka

    Usaha ini sudah tidak asing lagi bukan? Selain akrab di lidah masyarakat Indonesia, resep mie ayam Bangka juga banyak tersebar di internet. Ide usaha yang tentu direkomendasikan ini menawarkan Anda peluang yang begitu besar.

  • Usaha mie ayam keliling

    Terlepas dari jenis mie ayam apa yang Anda jual, cara memasarkan kuliner ini tidak berbeda dengan penjual bakso keliling. Yups! memang dengan cara berkeliling, selain itu modal yang Anda keluarkan juga relatif kecil.

  • Mitra usaha mie ayam

    Jika Anda tidak mau ribet, Anda bisa membuka jenis usaha ini. Anda bisa memilih mitra usaha mie ayam yang berpotensi di daerah Anda. Selain kekinian, bergabung menjadi mitra usaha tentu memberikan Anda banyak keuntungan.

  • Usaha mie ayam dengan topping

Usaha mie ayam bakso

Mie ayam yang ditambahi dengan topping bakso juga bisa Anda jadikan sebagai ajang cari cuan. Tidak sedikit yang suka dengan perpaduan menu ini, bahkan Anda juga bisa menyelingi usaha ini dengan usaha bakso

Usaha mie ayam ceker

Untuk Anda pecinta mie ayam, menu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga dan lidah Anda bukan? Menu ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang akan membuka jenis usaha kuliner ini

Usaha mie ayam jamur

Meski tidak seramai bakso dan ceker, jamur juga bisa Anda padukan dengan olahan mie ayam. Pilihlah jenis jamur yang sesuai dengan rasa mie ayam Anda.

Selain 3 topping di atas, Anda juga bisa membuat variasi topping yang berbeda sesuai dengan kreasi dan pangsa pasar Anda.

Usaha mie ayam cup

Bukan hanya mie instant yang dikemas dalam cup, mie ayam juga bisa Anda kreasikan seperti itu juga. Selain unik, mie ayam cup tentu lebih memudahkan pelanggan dalam mengonsumsi dan membawanya.

Soal resep dan rasa sama saja dan sesuai dengan kreatifitas Anda, yang membedakan hanya dalam penyajian atau pengemasannya saja.

Baca juga Usaha Frozen Food

Analisis modal

Investasi:
Gerobak, sekitar Rp 1.500.000
Peralatan & perlengkapan memasak, sekitar Rp 700.000
Total investasi Rp 2.200.000
Biaya variable:
Biaya bahan baku, sekitar Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
LPG, biaya lain-lain, sekitar Rp 150.000/bulan
Gaji karyawan (bila ada), Rp 850.000
Total biaya variable perbulan Rp 10.000.000
Jadi jika dihitung, modal awal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha ini hanya sebesar Rp 2.550.000 (terlepas dari gaji karyawan). Sangat affordable bukan?

 

Analisis keuntungan Usaha

Katakanlah harga mie ayam yang Anda patok sebagai berikut:
– Mie ayam original, Rp 8.000
– Mie ayam bakso, Rp 11.000
– Mie ayam jamur, Rp 10.000
– Mie ayam ceker, Rp 10.000
Dan dalam 1 bulan data penjualan Anda sebagai berikut:
– Mie ayam original terjual 550 mangkok, 550 x Rp 8.000 = Rp 4.400.000
– Mie ayam bakso terjual 450 mangkok, 450 x Rp 11.000 = Rp 4.950.000
– Mie ayam jamur terjual 300 mangkok, 300 x Rp 10.000 = 3.000.000
– Mie ayam ceker terjual 280 mangkok, 280 x Rp 10.000 = Rp 2.800.000

Total pendapatan kotor sebulan Rp 15.150.000
Total pendapatan bersih sebulan Rp 15.150.000 – Rp 10.000.000 (biaya variable) = Rp 5.150.000
Itu hanya penjualan mie ayam saja, belum lagi jika Anda juga berjualan minuman, tentunya pendapatan Anda jadi lebih besar dari analisis tersebut.

Baca juga 17+ Rekomendasi Usaha Franchise Martabak ( Bisnis Plan )

Kekurangan dan kelebihan

Kelebihan

  • Modal minim
    Untuk memulai usaha ini Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki, tentukan jenisnya sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Banyak peminat
    Selain dinilai lebih aman dari mie instan, rasa yang enak juga membuat mie ayam memiliki banyak peminat, tentu saja hal ini juga ditentukan dengan resep yang Anda ciptakan.
  • Mudah dikelola
    Usaha ini termasuk kedalam usaha yang mudah dikelola, baik pengelolaan masaknya ataupun pengelolaan dalam penjualan dan sistem keuangannya.

Kekurangan

  • Tidak dapat bertahan lama
    Tidak menutup kemungkinan bahwa kuliner ini terkadang tidak habis dalam sehari, dan hal ini tentu membuat mie ayam akan basi.

Untuk solusi akan hal ini adalah Anda bisa menyiapkan mie ayam yang tidak terlalu banyak, perkirakan jumlah porsi yang kemungkinan bisa terjual habis setiap harinya.

  • Persaingan ketat
    Karena kelebihan yang dimiliki usaha ini, tentu akan banyak sekali penggiat usaha mie ayam. Untuk solusi akan hal ini adalah bagaimana Anda bisa mempertahankan dan menonjolkan kelebihan dari usaha Anda, mungkin dari rasa, variasi topping dan lain sebagainya.

Kesimpulan:

Kuliner yang termasuk dalam UMKM ini memang memiliki peluang yang besar, pasar yang luas dan pengelolaan yang dinilai mudah. Namun tetap saja, dalam membuka usaha tentu diperlukan ilmu.
Sebagai seorang pemula Anda memang diwajibkan untuk belajar ilmu yang berkaitan dengan ide usaha yang akan Anda realisasikan. Tidak harus dari buku, dari pengalaman orang lain Anda juga bisa mempelajarinya. Apalagi di era modern seperti ini, tentu belajar akan lebih mudah bukan?
Setelah cukup ilmu Anda bisa mempraktekkan sambil terus berinovasi dan bekerja keras untuk mewujudkan semua mimpi Anda, karena tentu mimpi Anda bukan hanya sebagai penjual mie ayam bukan? Tentu Anda menginginkan bagaimana cara mengembangkan usaha dan memiliki cabang usaha yang sebanyak-banyaknya.

Di Penabisnis ini Anda bisa menggali banyak informasi seputar usaha mie ayam, mulai dari peluang usaha, bisnis plan, analisis modal dan pendapatan, kelebihan, kekurangan dan solusinya.
Tetap berdo’a, berusaha dan bertawakkal calon-calon orang sukses!

Leave a Reply