DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Waralaba

6 min read

usaha waralaba

Usaha waralaba atau dikenal dengan usaha franchise memang sangat banyak penggiatnya.

Bisnis yang bukan hanya trend ini menawarkan penghasilan yang bukan main.

Selain modal yang fleksibel, usaha waralaba juga mudah dalam pengelolaannya.

Banyak sekali jenis waralaba yang berkembang di Indonesia, mulai dari usaha waralaba makanan, usaha waralaba minuman dan lain sebagainya.

Untuk Anda para pemula, berikut adalah ide bisnis waralaba yang bisa Anda coba!

Tips Memulai Usaha Waralaba

Tips Memulai Usaha Waralaba

Ingin memulai usaha waralaba tapi bingung mulai darimana dan bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut ini!

  • Tentukan bisnis yang akan didirikan

Tentukan bisnis yang akan Anda bangun, sesuaikan dengan passion dan kemampuan Anda.

Agar mampu bersaing dan bertahan lama, tentukan usaha yang menurut Anda potensial di pasaran.

Tentukan secara matang karena hal ini akan menentukan usaha Anda kedepannya.

  • Lakukan analisa

Setelah menentukan usaha yang cocok, selanjutnya Anda bisa menganalisa dari segala sisi. Lakukan analisa mulai dari keuntungan, resiko, pangsa pasar dan lain sebagainya secara matang, merinci dan sistematis. 

  • Sesuaikan dengan modal

Jika Anda ingin membuka usaha, alangkah lebih baiknya jika Anda menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

Boleh saja jika Anda ingin meminjam dana untuk modal usaha, tentunya hal ini juga akan menimbulkan resiko kedepannya.

  • Susun strategi marketing

Lakukan strategi marketing yang menurut Anda jitu, efisien dan efektif untuk memperkenalkan usaha Anda seluas mungkin.

Manfaatkan semua media pemasaran, baik itu offline maupun online untuk menunjang penjualan Anda.

  • Ciptakan yang berbeda

Boleh saja anda melakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) namun alangkah lebih baiknya jika Anda menciptakan inovasi sesuai dengan kreatifitas Anda dan belum pernah dilakukan orang lain sehingga hal ini akan menekan persaingan pasar.

  • Tentukan lokasi

Lokasi memang sangat berpengaruh pada setiap usaha, semakin baik Anda dalam menentukan lokasi usaha, maka semakin baik pula perkembangan bisnis Anda, namun hal itu tak lepas dari faktor-faktor lain yang merupakan pendorong dari laris manisnya bisnis Anda.

  • Action

Dan yang terakhir adalah action! Kini saatnya Anda mewujudkan semua ide-ide kreatif Anda, jangan hanya berangan dan berpangku tangan.

Jika Anda masih bingung dengan usaha apa yang akan Anda dirikan, Anda bisa mencari ide di artikel ini. 

Usaha Waralaba Makanan 

Dimana-mana, orang pasti suka dengan kuliner. Oleh karenanya, berbisnis makanan memang tidak ada matinya.

Dengan perencanaan yang matang dan pengelolaan yang teapat, usaha waralaba makanan pasti akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Berikut adalah contoh waralaba makanan yang bisa anda jadikan sebagai usaha!

Franchise Makanan Berat

Makanan Berat

Selain menjadi kebutuhan pokok, makanan berat tentu sangat digemari oleh para pecinta kuliner. Franchise ini merupakan pilihan terbaik untuk masyarakat yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk memasak. 

Contoh dari usaha ini adalah nasi pecel, nasi kuning, nasi uduk, nasi bungkus, nasi ayam geprek, nasi kotak, dan lain sebagainya.

Franchise Makanan Ringan (jajanan)

Franchise Makanan Ringan (jajanan)

Makanan ringan atau snack juga sangat banyak peminatnya. Semua orang pasti suka nyemil, selain tidak terlalu mengenyangkan, biasanya cemilan juga bikin nagih.

Makanan ringan juga mudah dikelola, apalagi untuk seorang pemula.

Contoh dari usaha ini adalah makaroni bantet, telur gulung, cilok, basreng, stik kentang, jamur crispy, dan lain sebagainya.

Franchise Dessert

Franchise Dessert

Belakangan ini dessert menjadi trend di kalangan anak muda. Selain rasa manisnya yang pas, dessert juga memiliki tekstur yang lembut di mulut.

Meskipun tergolong bisnis yang masih seumuran jagung, namun binis ini tidak ada salahnya untuk Anda coba bukan?

Contoh dari usaha ini adalah dessert box, crepes, waffle, churros, pancake, macaron, brownis, donat, dan lain sebagainya.

Franchise Makanan Tradisional

Franchise Makanan Tradisional

Meskipun tergolong jadul, namun usaha ini juga masih banyak peminatnya.

Franchise ini biasanya lebih cocok bila didirikan di dekat tempat wisata, karena makanan tradisional merupakan makanan khas daerah, hal ini membuat makanan tradional laris terjual untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar icip-icip bagi para wisatawan.

Contoh dari usaha ini adalah gudeg, pai susu Bali, bakpia patok Yogya, mie Aceh, bika Ambon, pempek, nasi liwet, kerak telor, dan lain sebagainya.

Franchise Makanan Kekinian

Franchise Makanan Kekinian

Banyaknya olahan makanan kekinian yang muncul akhir-akhir ini membuat frachise ini semakin naik daun. Dengan alasan “pengen nyobain” membuat franchise ini banyak diburu orang. 

Untuk membuka usaha ini, Anda harus selalu update makanan yang sedang trend saat ini, Anda juga bisa memodifikasi olahan makanan tersebut sesuai dengan kreatifitas Anda.

Contoh dari usaha ini adalah seblak, rujak cireng, donat indomie, corn dog, dan lain sebagainya.

Franchise Makanan Luar Negeri

Para penggemar drama Korea sudah pasti penasaran dengan rasa makanan khas Korea.

Bukan hanya Korea saja, banyak orang juga suka makanan khas negeri seberang, selain jarang dijumpai, makanan luar negeri tentu memiliki cita rasa yang khas.

Contoh dari usaha ini adalah takoyaki, ramen, kebab, roti maryam, sushi, bulgogi, sashimi, dan lain sebagainya.

Usaha Waralaba Minuman

Usaha Waralaba Minuman

Bukan hanya franchise makanan yang banyak diminati, usaha franchise minuman merupakan usaha yang menjanjikan dan juga tak kalah laris.

Selain menyegarkan, franchise minuman juga tidak membutuhkan modal yang banyak, namun mampu menghasilkan omzet yang fantastis.

Berikut waralaba minuman yang bisa anda coba!

Es Coklat

Bukan sesuatu yang baru, coklat memang sangat banyak penggemarnya, khusunya kaum hawa.

Usaha ini bisa banget untuk anda coba, selain minim modal, cara buat nya juga simple, tentunya keuntungan nya juga sangat menjanjikan.

Es Boba

Minuman yang satu ini masih tergolong minuman yang masih baru dan trend.

Minunam ala Thailand ini sangat digemari oleh para darah muda. Selain rasa gula jawa nya yang legit, minuman ini juga memiliki bola-bola kenyal (atau sering disebut dengan boba) di dalamnya, inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik dari minuman ini.

Es Cendol

Minuman yang sudah ada sejak zaman dahulu, sampai sekarang masih tetap eksis di kalangan masyarakat.

Es dawet atau es cendol menawarkan rasa yang segar dan legit karena di perpadukan dengan beberapa bahan, antara lain gula jawa, santan dan dawet atau cendol yang terbuat dari tepung sagu atau rumput laut.

Es Doger

Termasuk salah satu minuman jadul tapi nyegerin, dengan modal murah meriah Anda bisa menjual es doger dengan keuntungan yang lumayan. Selain itu es doger juga sangat minim resiko. Mau coba?

Es Buah

Segar dan manisnya buah bisa Anda suguhkan dalam semangkuk es buah.

Selain banyak peminatnya, es buah juga nggak bikin bosan. Anda bisa memadukannya aneka buah potong, ditambah dengan susu dan sedikit sirup untuk menambah cita rasa dari es buah.

Es Jus Buah

Usaha ini seakan tiada matinya. Beberapa pengusaha juga sukses menjual jus buah dalam kemasan yang biasa kita jumpai di supermartket.

Tuh usaha ini bener-bener menjanjikan kalau Anda mampu mengelolanya dengan benar dan menerapkan sistem pemasaran yang jitu.

Es Cincau

Masih sepaket dengan es cendol, es ini juga ngga kalah jadul.

Rasa cincau yang sedikit pahit, dipadukan dengan santan dan gula jawa juga amat nikmat.

Es cincau modern biasanya dipadukan dengan cappucino, dan sering disebut dengan es cappucino cincau atau capcin.

Es Potong

Hampir sama dengan es krim, bedanya tekstur es potong lebih keras dan tidak selembut es krim.

Kalau es krim disajikan dalam cup atau cone, berbeda dengan es potong yang penyajiannya di potong-potong dan ditusuk dengan tusukan sebagai pengganti stik. Biasanya es potong di dominasi dengan rasa buah.

Es Teh

Sudah jadi sesuatu yang umum nih kalau es teh. Eits jangan salah, hanya dengan jualan es teh saja Anda bis meraup untung yang banyak.

Coba deh Anda perhatikan beberapa pengusaha yang brand nya hanya sebotol atau sekotak teh, dan brand itu sering kita jumpai di supermarket dengan harga yang terjangkau.

Kalau mereka saja bisa, Anda juga pasti bisa untuk mengikuti jejak pengusaha tersebut. Hanya saja Anda harus lebih kreatif dan inovatif untuk siap bersaing dengan mereka.

Dalgona Coffe

Salah satu usaha waralaba dengan modal dibawah 5 juta ya ini! Minuman yang sedang hits ini bisa banget buat Anda coba.

Dengan bahan dasar kopi dan gula yang di mixer dengan kecepatan tinggi, kemudian ditambahkan segelas susu, Anda sudah bisa untuk mendirikan usaha ini. Mudah bukan?

Thai Tea

Teh khas Thailand atau yang kerap disebut dengan Thai tea adalah minuman susu yang dicampur dengan teh. Kebayang kan betapa nikmatnya? Dengan harga yang terjangkau, Thai tea ini sukses terjual di kalangan muda.

Air Mata Kucing

Minuman ini juga pasti tidak asing lagi. Minuman air mata kucing seringkali kita temui di dalam mall atau pusat perbelanjaan.

Karena di pinggiran jalan belum terlalu banyak yang menjualnya, hal ini bisa jadi peluang untuk Anda yang ingin membuka usaha ini.

Es Krim

Es krim masih menjadi favorit semua kalangan, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut ini tidak memberikan rasa bosan kepada para peminatnya.

Dengan modal yang fleksibel Anda bisa memulai usaha es krim ini.

Kopi

Kopi sudah jadi menu wajib bagi mayoritas masyarakat. Selain bikin melek, kopi juga bisa bikin peminumnya jadi lebih bersemangat.

Usaha kopi tentu tiada matinya, tidak harus membuka cafe, melalui franchise saja Anda sudah bisa untuk menggiati usaha ini. 

Usaha Waralaba (Franchise )Non Makanan

Usaha franchise non makanan juga tak kalah menguntungkan dengan usaha franchise makanan.

Selain dijadikan sebagai usaha sampingan, usaha franchise non makanan juga bisa Anda jadikan sebagai usaha utama karena untung nya yang menjanjikan. 

Berikut ini adalah daftar usaha franchise non makanan yang bisa anda coba!

Usaha Waralaba Pom Mini

Pom Mini

Tingginya kebutuhan bahan bakar mesin saat ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha.

Letak pom bensin yang jauh dan berada di pusat kota bisa Anda jadikan sebagai celah untuk memulai usaha waralaba di desa dengan cara mendirikan waralaba pertamini.

Usaha Waralaba Minimarket

Usaha Waralaba Minimarket

Kebutuhan pokok yang tiada matinya membuat usaha minimarket semakin berkembang.

Usaha minimarket bisa Anda jadikan sebagai usaha waralaba di desa.

Selain bukan bisnis musiman, bisnis ini juga menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. 

Minimarket di desa tentunya akan lebih banyak dipilih oleh warga sekitar, mengingat jarak yang lebih dekat dan harga yang lebih murah.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuka minimarket adalah pastikan stok barang aman dari tanggal kadaluwarsa.

Usaha Waralaba Salon Kecantikan

Usaha Waralaba Salon Kecantikan

Tidak harus membukanya di tengah kota, di desa atau di kompleks perumahan juga sangat potensial.

Mengingat salon kecantikan kini juga masuk kedalam gaya hidup masyarakat. Untuk membuka salon kecantikan, Anda harus memiliki skill dalam hal kecantikan.

Usaha Waralaba Baby Care

Usaha Waralaba Baby Care

Meningkatnya angka kelahiran memang sangat berpengaruh pada usaha waralaba baby care.

Usaha ini menyediakan berbagai kebutuhan bayi, mulai dari popok bayi, susu formula, dot bayi, pakaian bayi, kereta bayi, dan kebutuhan bayi lainnya.

Usaha ini juga sangat potensial, baik itu di desa atau di perkotaan.

Usaha Waralaba Gerabah

Selain makanan, alat rumah tangga juga merupakan kebutuhan pokok.

Usaha gerabah adalah usaha yang bisa Anda coba karena terbukti usaha gerabah memang tidak ada matinya.

Pada usaha ini, gerabah yang dijual memang beranekaragam bahan dan jenisnya, mulai dari plastik, aluminium, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Usaha Fotocopy

Kesimpulan:

Pada artikel kali ini kita sudah sedikit mengulas tentang usaha waralaba makanan, usaha waralaba minuman, usaha waralaba non makanan, usaha waralaba di desa, usaha waralaba modal dibawah 5 juta dan tips memulai usaha waralaba.

Sebenarnya masih banyak sekali usaha waralaba di Indonesia yang bisa Anda coba. Dengan modal yang bervariasi namun keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan jika Anda pandai dan lihai dalam mengelolanya. 

Demikian pembahasan daftar usaha waralaba yang bisa anda coba, bulatkan tekat, kokohkan semangat dan cobalah memulai, semoga berhasil ^^

DiyaLaila Hobi menulis dan Mahasiswa di Fakultas Ekonomi & Bisnis

Usaha Cetak Foto

DiyaLaila
5 min read

Usahha Kos Kosan

DiyaLaila
4 min read

Usaha Travel

DiyaLaila
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *